Dalam Rangka Pemeliharaan, Alun-Alun Kota Bogor Ditutup Mulai 29 Juli Hingga 6 Oktober 2024

Sabtu 27-07-2024,12:00 WIB
Reporter : Adi Wirman
Editor : Dimas Satriyo

BOGOR, RADARPENA.CO.ID - Dalam rangka pemeliharaan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menutup alun-alun mulai dari zona botani, zona jogging track, zona plaza dan zona taman bermain anak termasuk toilet. Penutupan akan berlangsung selama dua bulan, terhitung mulai Senin 29 Juli 2024 sampai dengan 06 Oktober 2024. 

Sekda Kota Bogor Syarifah menuturkan, Pemkot Bogor melakukan pemeliharaan dengan penutupan agar hasilnya lebih bagus dibandingkan dengan tidak menutup alun-alun. Pasalnya, berdasarkan pengalaman, pemeliharaan tanpa ditutup hasilnya kurang memuaskan karena tanaman rentan kering dan rusak. 

"Jadi mulai tanggal 29 Juli sampai 6 Oktober 2024 alun-alun akan dilakukan penutupan.

Nah, untuk penutupan tentu saja kita perlu koordinasi, karena nanti dengan penutupan itu akan banyak instansi-instansi yang terkena dampaknya," ujar Syarifah. 

BACA JUGA:Ini Deretan Persyaratan Mantan Napi untuk Ikut Pilkada Jakarta 2024

BACA JUGA:Terapkan Kurikulum Merdeka, Disdik Jakarta Pastikan Hapus Penjurusan di Tingkat SMA

Ia menerangkan, penutupan alun-alun ini tidak memakai sekat seperti saat pemeliharaan di Sempur. Sebaliknya, lebih kepada penutupan seluruh akses masuk yang akan dijaga park ranger. Begitu pula akses masuk ke stasiun melalui alun-alun akan ditutup PT KAI.

"Dari PT KAI menyampaikan kalau seandainya memang taman ditutup untuk pemeliharaan, maka PT KAI pun juga akan melakukan hal serupa yakni melakukan pemeliharaan di taman

PT. KAI yang ada di sekitar alun-alun, agar program pemeliharaan berjalan bersama-sama," imbuh Syarifah.

BACA JUGA:Dapodik 2025: Membuka Gerbang Implementasi Kurikulum Merdeka

BACA JUGA:Kasus Investasi Fiktif Anak Polisi, Ini Penjelasan Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota

Di tempat yang sama, Kepala Disperumkim Kota Bogor, Rr Juniarti Estiningsih mengatakan, kondisi alun-alun hari ini sangat memprihatinkan karena pengunjung yang setiap harinya mencapai lima ribu orang ini belum memiliki rasa memiliki terhadap alun-alun. 

Para pengunjung masih membuang sampah sembarangan dan tidak menjaga fasilitas yang ada, termasuk banyak tanaman yang rusak dan mati.

"Setelah nanti alun-alun dibuka lagi, pihaknya akan melakukan penataan terkait akses masuk alun-alun," kata dia.

Sebagai informasi, dalam rapat koordinasi ini Sekda turut mengundang beberapa pihak yang terdampak. Sebut saja, DKM Masjid Agung mengingat akses masuk dari alun-alun ke Masjid Agung akan ikut ditutup.  Mengundang pula PT. KAI untuk mendiskusikan akses

Kategori :