Mengenal Manfaat Kesehatan dari Akar Pohon Kelapa Serta Dalam Kehidupan Sehari-hari Manusia

Sabtu 15-06-2024,11:54 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

Manfaat akar pohon kelapa selanjutnya, dipercaya akar pohon kelapa dapat melancarkan peredaran darah. Manfaat tersebut sangat perlu, terutama bagi Anda yang memang memiliki penyakit tekanan darah tinggi. Ramuan dari akar pohon kelapa ini dapat membantu meredakannya. Namun efek yang dihasilkan memang tidak langsung terasa. Sehingga Anda perlu mengonsumsinya secara bertahap dan rutin agar dapat merasakan manfaat akar pohon kelapa ini.

BACA JUGA:

6. Bahan pengganti kayu bakar

Dalam kehidupan sehari-hari, akar pohon bisa digunakan sebagai bahan pengganti kayu untuk membakar. Akar kelapa yang mudah ditemukan di sekitar, cocok untuk dijadikan pengganti kayu.

7. Bisa mencegah terjadinya banjir

Pohon kelapa dipercaya memiliki kemampuan yang tinggi dalam menyerap air dalam jumlah banyak. Karena kemampuannya tersebut, akar pohon mampu untuk mencegah banjir.

8. Mencegah abrasi

Seperti yang telah dijelaskan dari beberapa poin diatas, manfaat akar pohon kelapa memang sudah terbukti cukup banyak. Terutama pada bagian akarnya yang sangat kuat mencengkeram tanah. Karena kekuatannya tersebut kelapa banyak di tanam di sekitar pantai. Manfaat akar pohon kelapa yang bisa didapatkan jika menanam pohon kelapa berakar kuat tersebut di pinggir pantai. Hal itu dapat mencegah abrasi pada daratan yang disebabkan oleh gelombang air laut.

9. Kerajinan tangan

Indonesia dikenal dengan budaya dan keunikan dari tiap-tiap masyarakat di daerahnya. Bahkan di Indonesia, manfaat akar pohon kelapa telah lama dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan. Contoh dari kerajinan tersebut seperti, dibuat gelang dan kalung yang tentunya memiliki nilai ekonomis.

10. Pemecah gelombang pantai

Jika Anda memperhatikan bentuk dari akar kelapa, maka Anda akan takjub dengan begitu banyaknya akar pohon kelapa yang menahan keseluruhan pohon kelapa tersebut. Kekuatan dari akar pohon kelapa ini pun telah terbukti dan bahkan dijadikan model kontruksi pondasi pada gedung-gedung tinggi. Sehingga dengan kekuatan akarnya, akan sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat, jika pohon kelapa ditanam di daerah-daerah pantai, pohon kelapa dapat menahan kuatnya gelombang besar yang dapat membahayakan masyarakat sekitarnya.

Nah itulah, serangkaian manfaat dari akar pohon kelapa yang sangat berguna untuk kesehatan dan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Semoga bermanfaat!

Kategori :