Mengenal Manfaat Kesehatan dari Akar Pohon Kelapa Serta Dalam Kehidupan Sehari-hari Manusia

Sabtu 15-06-2024,11:54 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Manfaat akar pohon kelapa sangat banyak baik bagi kesehatan dan juga kehidupan sehari-hari. Tanaman yang tumbuh subur di seluruh wilayah Indonesia ini memiliki nilai ekonomi tinggi karena semua bagiannya bisa dimanfaatkan. 

Hampir semua orang di belahan bumi manapun sangat mengenal baik pohon kelapa ini. Tetapi pengetahuan masyarakat luas hanya terbatas pada pemanfaatan pada bagian buahnya.

Jadi, tidak mengherankan apabila pohon kelapa disebut sebagai pohon kehidupan atau tree of life. Ada beragam jenis pohon kelapa yang tumbuh di Indonesia seperti kelapa ijo, kelapa kuning, kelapa kopyor, kelapa gading dan lain sebagainya. 

Walaupun buah merupakan bagian yang populer tapi akar kelapa memiliki manfaat yang banyak dan jarang diketahui oleh orang. Manfaat Akar Kelapa bagi Kesehatan dan Kehidupan Sehari-hari.

BACA JUGA:

Berikut ini manfaat akar kelapa yang bisa digunakan untuk kesehatan tubuh dan kehidupan sehari-hari.

1. Untuk meredakan demam

Ternyata akar pohon mampu menurunkan suhu panas di tubuh yang disebabkan oleh demam. Caranya dengan menumbuk akar pohon kelapa yang sudah dikeringkan kemudian direbus hingga mendidih. Rebusan air tersebut diminum dua kali sehari hingga suhu badan menurun.

2. Mengatasi gatal-gatal

Manfaat akar pohon bisa mengatasi gatal pada kulit terutama yang terjadi di sela-sela jari tangan atau kaki, serta celah lain yang lembab. Umumnya celah kulit yang lembab bisa menyebabkan terjadinya gatal, penyakit kudis dan penyakit kulit lainnya. Caranya pun sama, yaitu dengan merebus akar pohon kelapa yang sudah dikeringkan, lalu diminum secara rutin hingga gatal-gatal hilang.

3. Membantu mengatasi diare

Apabila mengalami diare, bisa memanfaatkan akar pohon kelapa yang direbus lalu diminum. Rasa dari akar kelapa lumayan sepat dan pekat seperti daun jambu. Air rebusannya diminum hingga diarenya hilang.

4. Mengatasi wasir dan ambeien

Penyakit wasir dan ambeien memang cukup mengganggu dan dapat menimbulkan rasa sakit sehingga membuat Anda menjadi tidak nyaman saat beraktivitas. Sama seperti mengobati penyakit lainnya, Anda juga cukup merebus dan meminum ramuan yang dihasilkan dari akar pohon kelapa tersebut.

5. Melancarkan peredaran darah

Kategori :