Pelajari Contoh Soal PPPK Manajerial 2024 dan Kunci Jawaban, Taklukkan Tes dengan Nilai Sempurna

Selasa 11-06-2024,16:13 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Dimas Satriyo

Jawaban: B

BACA JUGA:

8. Anda sebagai kepala unit pelayanan publik dihadapkan pada tuntutan untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan pengaduan masyarakat. Bagaimana Anda akan mengimplementasikan perubahan tersebut tanpa mengorbankan kualitas layanan?

A. Melibatkan petugas layanan dalam proses perencanaan perubahan untuk memastikan perspektif mereka diakomodasi.

B. Membuat platform online yang memungkinkan masyarakat melacak status pengaduan mereka secara real-time.

C. Mengadakan pelatihan berkelanjutan untuk petugas layanan dengan fokus pada peningkatan keterampilan multitasking.

D. Melibatkan pihak eksternal, seperti auditor independen, untuk mengevaluasi dampak perubahan terhadap kualitas layanan

Jawaban: D

9. Sebagai kepala bagian pelayanan publik di sebuah daerah terpencil, Anda dihadapkan pada tantangan dalam mendistribusikan layanan secara merata kepada warga. Bagaimana Anda akan memastikan bahwa semua warga mendapatkan akses yang adil dan setara terhadap layanan publik?

A. Membangun pusat layanan di daerah terpencil dan menyediakan layanan transportasi gratis untuk warga yang tinggal jauh.

B. Melibatkan warga dalam proses pengambilan keputusan terkait alokasi layanan dan memberikan wewenang lokal.

C. Mengimplementasikan sistem reservasi layanan berbasis kebutuhan yang memberikan prioritas kepada warga yang membutuhkan layanan mendesak.

D. Menetapkan tarif layanan berdasarkan tingkat pendapatan masing-masing warga.

Jawaban: C

10. Anda adalah seorang kepala dinas pelayanan publik di sebuah kota yang mengalami peningkatan pengaduan terkait kualitas layanan publik. Setelah melakukan evaluasi, Anda menyadari bahwa salah satu penyebab utama adalah kurangnya pelatihan dan motivasi pada petugas layanan. Bagaimana Anda, sebagai pemimpin, akan mengatasi situasi ini? 

A. Menginisiasi program pelatihan yang melibatkan warga sebagai pelatih, menciptakan keterlibatan komunitas dalam peningkatan kualitas layanan. 

Kategori :