Jokowi Resmikan Proyek Tol Kebanggaannya Yang Telah Rampung,Rp 12,5 Triliun Ludes Demi Masa Depan

Jumat 27-10-2023,10:15 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

Tercatat sebanyak total 309.733 kendaraan. 

 

“Melihat antusiasme masyarakat, diharapkan jalan tol dapat menjadi pilihan masyarakat terutama ketika hari besar seperti Natal, Tahun Baru 2024, dan Mudik Lebaran mendatang,” ujarnya. 

 

Ia pun turut menuturkan bahwa pembangunan Jalan Tol Indralaya – Prabumulih adalah hasil kolaborasi dari percepatan konstruksi yang dilakukan bersama dengan anak perusahaan Hutama Karya yaitu PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), dan PT Hakaaston (HKA). 

Salah satu metode yang menarik dalam pengerjaan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih oleh HKI adalah "Girder Erection" menggunakan metode launcher.

 

BACA JUGA:

 

Metode ini dilakukan pada area jembatan Kelekar yang lokasinya cukup sulit dijangkau oleh crane. 

Metode launcher pada girder erection dipilih karena dimensi pierhead yang besar sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan crane. 

 

“Jalan tol tersebut ditunjang berbagai fasilitas struktur seperti 2 simpang susun, 8 overpass, 18 jembatan, 10 box underpass, 2 box overpass, 22 box pedestrian, 1 Gerbang Tol, 1 pasang Rest Area Tipe A, dengan kecepatan rencana mencapai 100 km/jam, “ kata Purnomo.

 

Presiden Joko Widodo sangat bangga dengan kehadiran Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dapat memangkas waktu tempuh Palembang-Lampung menjadi sekitar 3,5 jam.

Berdasarkan cerita warga Sumatera Selatan, Jokowi mengungkapkan masyarakat di wilayah itu harus menghabiskan waktu tempuh hingga 10-12 jam perjalanan dari Palembang-Lampung sebelum ada Tol Trans Sumatera ini. Namun, dengan pembangunan tol waktu perjalanan itu bisa banyak dipangkas.

Kategori :