Bukan Cuma Daging Sapi, Lokan pun Bisa Dimasak dengan Bumbu Rendang, Yuk Intip Resepnya!

Rabu 11-10-2023,15:07 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Dimas Satriyo

RADARPENA.CO.ID - Siapa sih, yang nggak suka dengan rendang? Masakan khas Padang yang mendunia ini tentu banyak digemari oleh banyak orang.

Namun, apa kamu tahu kalau resep rendang bukan cuma terbuat dari bahan dasar daging sapi? Yups, rendang memang masakan yang bisa dibuat dari berbagai jenis bahan dasar, contohnya lokan atau kerang.

Lokan merupakan kerang dengan ukuran besar. Lokan inilah salah satu bahan utama yang bisa dimasak dengan bumbu rendang.

Mungkin kamu merasa asing dengan makanan satu ini. Sebab, keberadaan lokan yang hanya terdapat di daerah tertentu saja.

Sama seperti rendang sapi, rasa dari rendang lokan pun tak kalah lezatnya. Menu ini kerap ditemukan di daerah pesisir Sumatera Barat.

Cara memasak rendang lokan pun hampir sama, bahkan bumbu-bumbu yang dibutuhkan untuk membuat masakan ini juga tak jauh berbeda.

BACA JUGA:

Yang membedakan hanya cara mengolah lokannya saja sebelum akhirnya dimasak bersama bumbu rendang.

Daging lokan yang berada di dalam cangkang harus dipisahkan satu persatu secara manual.

Inilah yang membuatnya rendang lokan lebih mahal dibandingkan rendang daging sapi, karena proses memisahkan daging lokan dari cangkang membutuhkan waktu yang lama.

Namun, kamu nggak perlu khawatir soal harga. Mahalnya rendang lokan akan terbayar dengan cita rasa yang lezat dan menggugah selera makan.

Buat kamu yang lagi berkunjung ke Sumatera Barat, jangan lupa untuk coba makanan yang satu ini untuk bisa menikmati varian olahan rendang lainnya.

Namun, bagi yang tinggal jauh dari Sumatera Barat, kamu nggak perlu khawatir. Berikut ini ada resep rendang lokan yang bisa kamu recook di rumah.

BACA JUGA:

Dilansir dari kanal YouTube Masak Apa Bossku, inilah resep rendang lokan yang kaya rasa.

Kategori :