Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dijamin Ampuh, Cek Disini

Selasa 05-09-2023,09:13 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Reza Fahlevi

Cara Hilangkan Jerawat - Jerawat yaitu salah satu penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya, Kligmann seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat,"Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya."

Biasanya jerawat bisa muncul pada area wajah, leher, punggung, bahkan di bagian tubuh lainnya. Jerawat terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri. 

Seseorang biasanya perlu perjuangan untuk mengobati serta menghilangkan noda bekas jerawat agar bisa memudar dan hilang.

Sebenarnya cara untuk hilangkan jerawat tak selalu melalui dengan penggunaan obat - obatan. Namun ada beberapa jenis bahan alami yang mampu mengatasi bekas jerawat.

BACA JUGA:

Penyebab Jerawat

Hormon

Faktor hormonal juga menjadi salah satu penyebab jerawat batu yang sering muncul. Biasanya kondisi ini ditemui pada remaja yang sedang memasuki masa pubertas. Pada kondisi ini, hormon androgen dalam tubuh akan meningkat lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Peningkatan hormon ini dapat memicu tumbuhnya jerawat pada wajah maupun bagian tubuh lainnya. Bukan hanya pada masa pubertas, perubahan hormon androgen juga sering terjadi pada setiap wanita yang mengalami menstruasi setiap bulan.

Bukan hanya itu, hormon estrogen juga ikut meningkat bersamaan dengan hormon androgen. Peningkatan kedua hormon ini membuat produksi sebum semakin meningkat yang kemudian memicu timbulnya jerawat. 

Penggunaan Kosmetik

Penggunaan kosmetik juga berpengaruh dengan timbulnya jerawat, sebab penyumbatan pori - pori di kulit wajah terjadi karena penggunaan kosmetik yang terlalu banyak mengandung minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation.

Contohnya Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

Produk kosmetik yang mengandung bahan ini bisa membuat kulit wajah semakin berminyak yang akan berdampak pada munculnya jerawat. Selain itu, terdapat beberapa kandungan lain yang mudah memicu tumbuhnya komedo sebagai cikal bakal jerawat.

Pertumbuhan Sel Kulit Abnormal

Penyebab jerawat selanjutnya yaitu terjadinya pertumbuhan sel kulit yang tidak normal. Kondisi ini biasanya terjadi pada saat proses regenerasi kulit. Jika sel-sel kulit mati tidak dapat berganti secara cepat, maka sel kulit mati tersebut semakin lama akan menumpuk pada kulit.

Kemudian bisa terjadi peradangan ketika tumpukan sel kulit mati tersebut bercampur dengan bakteri atau kotoran yang datang dari debu dan polusi.

Stres

Stres juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat di wajah, biasanya saat seseorang sedang mengalami stres bisa membuat pola makan yang dikonsumsi tidak teratur.

Seperti contohnya makanan berlemak dan manis, namun tak hanya dari segi makanan. Stres juga dapat memicu penyakit lain seperti stroke dan jantung, sebab stres yang berkepanjangan disebabkan oleh beberapa faktor.

Faktor - faktor tersebut diantaranya mulai dari faktor finansial, masalah keluarga, masalah kantor, masalah sekolah, konflik dengan pasangan atau teman, dan masih banyak lagi, mengingat setiap permasalahan yang dialami oleh setiap orang itu berbeda-beda.

BACA JUGA:

Cara Mencegah

  • Membersihkan wajah cukup hanya dengan 2 kali sehari
  • Sebaiknya hindari wajah dari paparan sinar matahari secara langsung
  • Menjaga gaya hidup yang sehat
  • Jangan memencet jerawat yang ada di wajah
  • Bersihkan riasan wajah sebelum tidur
  • Gunakan pelembap wajah dengan rutin sesuai dengan jenis kulit
  • Cuci muka setelah bangun tidur atau beraktivitas, dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit wajah.

Tips Hilangkan Jerawat

Berikut ini dilansir dari berbagai sumber, tips untuk menghilangkan jerawat secara alami dengan menggunakan bahan - bahan berikut ini:

Menggunakan air perasan lemon

Kategori :