KAI Catat 391 Ribu Penumpang Tinggalkan Jakarta di Momen Libur Nataru pada 19-28 Desember 2024

KAI Catat 391 Ribu Penumpang Tinggalkan Jakarta di Momen Libur Nataru pada 19-28 Desember 2024

KAI Catat 391 Ribu Penumpang Tinggalkan Jakarta di Momen Libur Nataru.-Dok KAI -

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat sebanyak 391.568 penumpang, di wilayah Daerah Operasi 1 JAKARTA telah berangkat dari JAKARTA, Bekasi, dan Karawang dalam periode 19-28 Desember 2024, untuk berlibur di momen Natal dan Tahun Baru.

Data tersebut dihimpun dari sejumlah stasiun utama. Termasuk Pasar Senen, Gambir, Bekasi, Jakarta Kota, Cikampek, Jatinegara, Karawang, dan Cikarang.

Selain itu, ada 325.621 penumpang yang datang ke berbagai stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta. Secara keseluruhan, jumlah penumpang yang keluar-masuk melalui stasiun-stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta mencapai 717.189 penumpang selama 10 hari terakhir masa Nataru 2024/2025.

"Kota-kota dengan tujuan wisata populer kini mulai ramai dikunjungi penumpang kereta api. Misalnya, Daerah Operasi 6 Yogyakarta telah menyambut 266.112 penumpang hingga 27 Desember malam," ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba, Sabtu, 28 Desember 2024.

BACA JUGA:MRT Jakarta Kembali Hadirkan Pembayaran Tiket Pakai GoPay, Mudahkan Perjalanan Penumpang

BACA JUGA:Libur Nataru 2024-25, KAI Grup Catat Sudah Angkut 11 Juta Penumpang dari 19-27 Desember 2024

"Daop 4 Semarang mencatat kedatangan 202.383 penumpang, disusul Daop 8 Surabaya dengan 186.792 penumpang di periode yang sama," sambung Anne.

Anne mengungkapkan bahwa liburan akhir tahun kali ini menunjukkan tren peningkatan jumlah penumpang.

"Banyak masyarakat yang memilih kereta api sebagai moda transportasi andalan, berkat keunggulannya yang aman, nyaman, dan tepat waktu,"ungkapnya.

Untuk memeriahkan momen liburan, KAI telah menghadirkan berbagai inovasi. Penumpang dapat merasakan suasana berbeda di stasiun dan kereta api yang dihiasi ornamen Natal dan Tahun Baru.

Kehadiran patung Sinterklas raksasa di Stasiun Yogyakarta, kado terbesar di Stasiun Purwokerto, serta pohon Natal tertinggi di Stasiun Surabaya menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan.

Sebagai bagian dari upaya keberlanjutan, KAI juga mengedepankan efisiensi energi dan pengurangan penggunaan plastik serta kertas.

Inovasi seperti penyediaan water station di stasiun, teknologi face recognition untuk mempermudah proses keberangkatan, serta wooden cutlery dalam layanan makan di atas kereta.

Selain itu, pada 23 Desember 2024, KAI meluncurkan fitur Carbon Footprint di aplikasi Access by KAI untuk mendorong kesadaran masyarakat tentang pentingnya transportasi ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: