Memahami Pentingnya Ibadah Sunnah Muakkad Serta Contohnya yang Wajib Diketahui Oleh Muslim

Memahami Pentingnya Ibadah Sunnah Muakkad Serta Contohnya yang Wajib Diketahui Oleh Muslim

Ilustrasi foto: menjalankan ibadah sunnah.--Freepik.com

 «يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى» 

Latin: Yusbihu ‘ala kulli sulama min ahadikum shadaqah, fakullu tasbihatin shadaqah, wa kullu tahmidatin shadaqah, wa kullu tahlilatin shadaqah, wa kullu takbiratin shadaqah, wa amrun bil-ma‘ruf shadaqah, wa nahyun ‘anil-munkar shadaqah, wa yujzi'u min dhalika rak‘atan yarka‘uhuma min ad-duha. 

Artinya: "Di setiap sendi tubuh salah seorang di antara kalian ada sedekah. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah kemungkaran adalah sedekah, dan itu semua dapat digantikan dengan dua rakaat yang dilakukan pada waktu Dhuha." 

— (HR. Muslim) 

Berdasarkan hadist-hadist diatas, dapat dibuktikan kalau ibadah sunnah muakkad sangatlah dianjurkan oleh Nabi Muhammad. Ibadah-ibadah ini dianjurkan kepada umat muslim supaya kita bisa mendapatkan keberkahan serta pahala yang sangat banyak. Selain itu, dengan mengikuti ibadah-ibadah Sunnah Muakkad maka kita semakin mendekatkan diri kita kepada Nabi Muhammad SAW.  

Sebagai umat muslim, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk mengikuti ajaran-ajaran Nabi Muhammad. Dengan melaksanakan ajaran beliau maka kita akan semakin dekat kepada Allah SWT. Itulah keberkahan-keberkahan dalam melaksanakan ibadah sunnah, semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan kita sebagai umat yang bertaqwa. 

(Mikail Mohammad Imam Muda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: