Wikipedia Kewalahan Tangani Konten Buatan AI yang Isinya Nggak Nyambung

Wikipedia Kewalahan Tangani Konten Buatan AI yang Isinya Nggak Nyambung

Dalam mengani konten buatan AI WIKIPEDIA cukup kewalahan--

Radarpena.co.id,Jakarta - Wikipedia saat ini menghadapi tantangan besar akibat meningkatnya penggunaan kecerdasan buatan (AI) seperti ChatGPT dalam pembuatan konten. Pengguna yang memanfaatkan AI untuk menulis artikel telah menyebabkan banjir informasi yang tidak akurat atau bahkan palsu di platform ini.

Menyikapi situasi tersebut, Wikipedia membentuk WikiProject AI Cleanup, sebuah tim relawan yang bertugas menyaring dan menghapus konten-konten buatan AI yang tidak sesuai.

BACA JUGA:Link Download 3 Game Terbaru Hari Ini, Ada Dragon Ball Hingga Transformer

BACA JUGA:Miraibo GO: Game Open-World Survival Telah Dirilis! Mirip Pokemon dan Palworld

Banyak Tulisan Buatan ChatGPT

Menurut laporan yang dikutip dari Techspot, Sabtu 12 Oktober 2024, tim ini diinisiasi oleh Ilyas Lebleu, salah satu relawan aktif Wikipedia. Ia menyebut bahwa masalah ini mulai terdeteksi ketika semakin banyak editor yang menemukan kalimat-kalimat dengan gaya penulisan yang tampak dibuat oleh chatbot.

Untuk memverifikasi hal tersebut, tim melakukan uji coba dengan menghasilkan kalimat serupa menggunakan ChatGPT.

 

"Beberapa dari kami menyadari prevalensi dari penulisan yang tak natural yang menunjukkan tanda-tanda kalau itu dibuat menggunakan AI, dan kami berhasil mereplikasi gaya serupa menggunakan ChatGPT," ujar Lebleu.

Tim pun dengan cepat mengidentifikasi beberapa contoh artikel yang menunjukkan kualitas buruk dan kesalahan informasi, sebagian di antaranya menyertakan informasi yang sepenuhnya dibuat-buat. Salah satu kasus mencolok adalah artikel mengenai "Benteng Amberlisihar" yang konon dibangun pada abad ke-15 oleh Kekaisaran Ottoman.

 

Artikel tersebut penuh dengan detail palsu, meski mencantumkan beberapa informasi benar untuk terlihat kredibel. Padahal, Amberlisihar tidak pernah ada.

BACA JUGA:Kode Redeem Free Fire 11 Oktober 2024, Dapatkan Skin Menarik Hari Ini

BACA JUGA:Lila Free Fire: Si Cantik Pembawa Petaka dengan Skill Gloo yang Mematikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: