7 Cara Efektif Atasi Benjolan Ambeien di Rumah, Tips Sederhana untuk Hidup Lebih Nyaman

7 Cara Efektif Atasi Benjolan Ambeien di Rumah, Tips Sederhana untuk Hidup Lebih Nyaman

Ilustrasi permasalahan benjolan ambeien bisa dilakukan dirumah--Freepik

JAKATA, RADARPENA.CO.ID - Ambeien seringkali menjadi gangguan yang membuat aktivitas sehari-hari menjadi tidak nyaman. 

Namun, tak perlu khawatir, ada banyak cara alami yang bisa Anda lakukan di rumah untuk meredakan gejala ambeien. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba dirumah untuk menghilangkan benjolan ambien.

Ambeien, atau wasir, adalah masalah kesehatan yang cukup umum dan seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman. Untungnya, ada banyak cara untuk mengatasi dan mencegah ambeien.

Ambeien adalah pembengkakan pada pembuluh darah di anus atau rektum bagian bawah. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, dan perdarahan. 

Ada dua jenis ambeien, yakni ambeien internal, terletak di dalam anus dan biasanya tidak terasa sakit kecuali mengalami prolaps (menonjol keluar). Dan ambeien eksternal yang terletak di bawah kulit di sekitar anus dan seringkali terasa sakit dan gatal.

BACA JUGA:

 

Akan tetapi ambien sendiri bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu, namun tetap saja hal ini membuat ketidaknyamanan pada penderita mulai dari ringan hingga berat.

Salah satu penanganan untuk meringankan ketidaknyamanan benjolan ambien, bisa melakukan dirumah.

Melansir dari Healthline, berikut ini ada 7 cara hilangkan benjolan ambien yang bisa Anda lakukan dirumah:

1. Mandi Air Hangat (Sitz Bath)

Salah satu cara paling efektif untuk meredakan nyeri dan peradangan akibat ambeien adalah dengan berendam dalam air hangat. Caranya cukup mudah, isi bak mandi kecil dengan air hangat dan duduk di dalamnya selama 15-20 menit. Ulangi beberapa kali sehari untuk hasil terbaik.

2. Kompres Es

Kompres es dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa tidak nyaman pada area anus. Bungkus beberapa es batu dalam kain tipis, lalu tempelkan pada area yang sakit selama 10-15 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: