9 Tips Sehat di Usia Lanjut untuk Hidup Aktif dan Bahagia, Salah Satunya Tidur yang Cukup

9 Tips Sehat di Usia Lanjut untuk Hidup Aktif dan Bahagia, Salah Satunya Tidur yang Cukup

Ilustrasi: Sebuah penelitian melaporkan bahwa Latihan fisik yang dilakukan secara teratur bisa meningkatkan fungsi kognitif untuk golongan usia 50 tahun dan keatas.--

Tidur berkualitas sangat penting untuk pemulihan tubuh. Lansia membutuhkan waktu tidur antara 7 hingga 8 jam setiap malam. Tidur yang cukup dapat membantu memperbaiki fungsi otak, menjaga sistem kekebalan tubuh, serta mengurangi risiko penyakit kronis. Hindari tidur terlalu larut malam dan ciptakan lingkungan tidur yang nyaman.

7. Hindari Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol berlebihan harus dihindari karena dapat memperburuk kondisi kesehatan, terutama di usia lanjut. Berhenti merokok dan mengurangi konsumsi alkohol dapat mengurangi risiko terkena penyakit paru-paru, jantung, dan hati.

8. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan ideal dapat mengurangi risiko berbagai penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. Lansia disarankan untuk menjaga pola makan yang seimbang dan berolahraga secara rutin untuk menjaga berat badan yang sehat.

9. Lakukan Kegiatan yang Merangsang Otak

Tetap aktif secara mental dengan melakukan kegiatan yang merangsang otak seperti membaca, memecahkan teka-teki, bermain catur, atau belajar hal baru. Aktivitas ini dapat membantu menjaga fungsi kognitif dan mencegah penurunan daya ingat.

Dengan menerapkan tips sehat di atas, lansia dapat menikmati hidup yang lebih berkualitas dan aktif. Kesehatan di usia lanjut memerlukan perhatian yang lebih, namun dengan perawatan yang tepat, kebahagiaan dan produktivitas dapat terus terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: