Penuhi Janji Kampanye, Senator Bengkulu Sultan B Najamudin Terpilih Jadi Ketua DPD RI Periode 2024-2029

Penuhi Janji Kampanye, Senator Bengkulu Sultan B Najamudin Terpilih Jadi Ketua DPD RI Periode 2024-2029

Penetapan Ketua dan Wakil Ketua DPD RI periode 2024-2029 oleh pimpinan sementara--dok pribadi Sultan B Najamudin

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Senator asal Bengkulu Sultan B Najamudin terpilih menjadi Ketua DPD RI Periode 2024-2029.

Terpilihanya Sultan Najamudin sebagai Ketua DPD merupakan bentuk perwujudan janji kampanyenya kepada masyarakat Bengkulu.

Pada proses pemilihan DPD beberapa bulan lalu, salah satu wacana yang diangkat Sultan B Najamudin adalah ‘Orang Bengkulu Jadi Ketua DPD’. 

Janji kampanye tersebut telah dipenuhi Sultan. Tentu saja terpilihnya Sultan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Bengkulu. 

Sebab, Bengkulu sebagai salah satu provinsi kecil di Pulau Sumatera mampu mendudukan salah satu putra terbaiknya di kursi ketua di lembaga negara. 

BACA JUGA:

Sultan terpilih sebagai Ketua DPD RI setelah mengalahkan petahana La Nyalla Mattalitti melalui proses voting atau pemilihan suara terbanyak.  

Pada voting yang dilakukan 151 anggota DPD, yang baru dilantik paket Sultan Najamudin (Ketua DPD Sultan Najamudin, Wakil Ketua Gusti Kanjeng ratu Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung) mendapat 95 suara. Sedangkan paket La Nyalla (Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Wakil Ketua DPD Nono Sampono, Elviana, dan Andi Muh Ihsan memperoleh 56 suara. 


Sultan B Najamudin terpilih menjadi Ketua DPD RI periode 2024-2029--dok pribadi Sultan B Najamudin

Penghitungan surat suara pun dibacakan oleh Wakil Ketua sementara DPD RI Larasati Moriska. 

Mekanisme Pemilihan Pimpinan DPD RI itu menggunakan sistem paket berdasarkan Tata Tertib DPD RI. 

Proses pemilihan berjalan alot karena dihujani dengan interupsi. Bahkan Sidang Paripurna sempat diskors oleh Ketua Sementara DPD RI Ismeth Abdullah karena banyaknya perdebatan saat membahas mekanisme pemilihan.

BACA JUGA:

Usai terpilih sebagai Ketua DPD RI periode 2024-2029, Sultan Najamudin mengatakan akan membawa kebaruan dan inklusivitas dalam lembaga DPD RI untuk menyambut Indonesia Emas 2045. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: