80 Persen Penyakit Jantung Bisa Dicegah, Begini Caranya Menurut Ahli

80 Persen Penyakit Jantung Bisa Dicegah, Begini Caranya Menurut Ahli

Ilustrasi penyakit jantung--iStock

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ketua PP PERKI dr. Radityo Prakoso, SpJP(K) mentungkapkan bahwa 80 persen penyakit jantung dapat dicegah.

"80 persen dari penyakit jantung bisa dicegah," tegas Radityo pada 23 September 2024.

Terdapat tiga jenis pencegahan jantung, mulai sari primer, sekunder, dan tersier berdasarkan kondisi tubuh.

Pencegahan primer dimulai sejak usia dini ketika seseorang belum terkena penyakit jantung.

Pencegahan primer ini bertujuan mencegah kesakitan melalui promosi kesehatan dan perlindungan spesifik.

Beberapa caranya dengan Berhenti merokok, makan-makanan yang sehat dan menghindari makanan yang tinggi kolesterol, rutin aktivitas fisik, hindari konsumsi alkohol yang berlebihan, tidur yang cukup, serts menjaga berat badan tetap ideal.

Adapun memilih makanan yang sehat dengan menghindari konsumsi, gorengan, otak sapi, jeroan, kuning telur, hati, mentega, udang, serta makanan cepat saji.

BACA JUGA:Resep Herbal ala dr Zaidul Akbar: Bersihkan Lemak di Jantung dan Pembuluh Darah

BACA JUGA:Gen Z Mudah Terserang Penyakit Jantung, Ini Penjelasan Ahli

Sebaliknya, pilih berbagai jenis serelia dengan kukit ari masih utuh seperti gandum, beralih ke minyak nabati seperti kanola dan zaitun, biji-bijian seperti kacang merah dan almond, serta konsumsi buah-buahan seperti apel, anggur, jeruk.

Sementara untuk aktivitas sehari-hari, WHO merekomendasikan untuk bergerak selama 150-300 menit dengan intensitas moderat, seperti jalan depat, badminton, sepeda santai, setiap minggunya.

Sedangkan untuk aktivitas fisik intensitas berat, seperti jogging, hiking, basket, dapat dilakukan selama 75-150 menit per minggu.

Kemudian pencegahan sekunder berupa deteksi dan tatalaksana awal, dilakukan ketika seseorang baru saja sakit dengan tujuan membatasi kemungkinan disabilitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: