Contoh Soal TWK SKD CPNS 2024 Full Penalaran Lengkap dengan Kunci Jawaban

Contoh Soal TWK SKD CPNS 2024 Full Penalaran Lengkap dengan Kunci Jawaban

Contoh soal TWK CPNS 2024 dan kunci jawaban persiapan hadapi SKD --Radarpena

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dalam seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) tahun 2024, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) merupakan salah satu bagian penting dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). 

Soal TWK bertujuan untuk menguji pengetahuan peserta tentang Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta pemahaman terkait sejarah dan tata negara Indonesia. 

Oleh karena itu, penting bagi peserta CPNS 2024 untuk memahami tipe soal yang akan dihadapi saat SKD. Berikut adalah lima contoh soal TWK beserta kunci jawaban yang bisa Anda pelajari, seperti dilansir dari YouTube Private Al Faiz.

Dengan berlatih dan mempelajari contoh soal TWK SKD secara konsisten, peluang untuk lolos dalam seleksi CPNS 2024 akan semakin besar.

1. Perusahaan minyak asing berambisi untuk mendominasi industri pertambangan di dalam negeri, suatu usaha yang menimbulkan risiko intervensi asing terhadap stabilitas ekonomi negara. Sebagai upaya bela negara, strategi apa yang paling efektif untuk mengatasi masalah ini?

BACA JUGA:

A. Memperberat beban pajak pada perusahaan asing untuk mengurangi keuntungan mereka 

B. Menawarkan kesempatan yang sama antara perusahaan asing dan lokal dalam akses pasar 

C. Mengembangkan teknologi domestik sehingga perusahaan lokal mampu bersaing lebih efektif 

D. Mendorong perusahaan lokal dengan memberikan prioritas dalam akses sumber daya 

E. Menegosiasikan ulang perjanjian royalti yang lebih menguntungkan dengan perusahaan asing

Jawaban: C

2. Bela negara didefinisikan sebagai keinginan, sikap, dan perbuatan warga negara yang dijalankan secara sistematis, menyeluruh, berkesinambungan, dan berlandaskan cinta tanah air serta kesadaran berbangsa dan bernegara. Bela negara bisa diwujudkan dengan melalui berbagai dimensi kehidupan, termasuk ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan. Sebuah contoh perwujudan bela negara dalam ranah sosial budaya adalah ...

A. Memperkuat hubungan antarkomunitas dengan mendorong toleransi antaretnik, agama, ras, dan kelompok 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: