13 September Hari Cokelat Sedunia, Ketahui Sejarah hingga Fakta Menarik

13 September Hari Cokelat Sedunia, Ketahui Sejarah hingga Fakta Menarik

Dunia memperingati hari Cokelat Internasional (International Chocolate Day) yang diperingati setiap tanggal 13 September.--Heart of The Desert

Selanjutnya di abad ke-16, cokelat merambah ke Spanyol melalui Hernan Cortes. Ia merupakan seorang penjelajah salh Spanyol yang menemukan kakao selama perjalanannya ke Amerika. Dan sejak saat itu, cokelat mulai menyebar hingga ke berbagai negara Eropa.

Seiring dengan perjalan Waktu, pada tahun 1800-an, cokelat mulai semakin diminati dan beberapa perusahaan sudah mulai memproduksi cokelat Batangan di Eropa.

Salah satunya adalah perusahaan estle, JS Fry and Sons dan Lindt yang memulainya. Kemudian mulai bermunculan beberapa perusahaan cokelat lain sepertinya Hershey's, Cadbury, Mars dan banyak lagi.

BACA JUGA:14 Agustus Peringatan 63 Tahun Hari Pramuka, Simak Tema dan Makna Logo

BACA JUGA:Peringatan Setiap 6 Juni, Salah Satunya Ada Hari Lahir Presiden Pertama Indonesia

Salah satu alasan cokelat menjadi makanan mewah adalah proses produksinya yang cukup lama. Maka dari itu tidak heran jika makanan cokelat pada masa itu hanya bisa dinikmati oleh masyarakat kalangan atas.

Kemudian di tahun 1928, alat pemeras cokelat ditemukan oleh ahlio Kimia dari Belanda yang Bernama Van Houten, dengan tujuan untuk mengatasi masalah proses cokelat yang begitu lama.

Mesin tersebut mampu memeras biji kakao sangrai untuk mendapatkan bubuk kakao halus yang digunakan untuk membuat cokelat.

Hal ini tidak hanya membuat cokelat lebih mudah diakses oleh masyarakat umum, tetapi juga memungkinkan produksi massal.

Karena proses pembuatan cokelat telah disempurnakan selama bertahun-tahun dan akses terhadap gula serta bahan-bahan lainnya menjadi lebih mudah, cokelat telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari banyak orang.

Kemudian, pada abad ke-20, cokelat telah dinikmati di seluruh dunia, dalam berbagai macam rasa dan formula yang menarik hingga sekarang.

Bagaimana cara kalian merayakan Hari Cokelat Sedunia?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: