Kalender Jawa September 2024: Lengkap dengan Weton, Neptu, dan Artinya

Kalender Jawa September 2024: Lengkap dengan Weton, Neptu, dan Artinya

Kalender Jawa September 2024: Lengkap dengan Weton, Neptu, dan Artinya--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Jawa merupakan salah satu suku yang terdapat di Indonesia yang dikenal dengan kekayaan budaya dan adat istiadatnya. Salah satu yang selalu menjadi perhatian masyarakat dan kepercyaannya adalah neptu Jawa.

Bukan tanpa alasan, neptu Jawa berkaitan dengan weton dan primbon, merupakan konsep yang  bisa mengetahui nasib dan watak seseorang.

Bagi masyarakat Jawa, kalender Jawa menjadi sangat penting karena berhubungan dengan penentuan hari baik yang dikombinasikan dengan weton dan wuku hari lahir.

Nah berikut ini adalah Kalender Jawa September 2024, yang bisa Anda simak lengkap dengan wwetonnya.

BACA JUGA:Sejarah dan Tradisi Malam 1 Suro dalam Kalender Jawa, Pahami Pantangannya!

BACA JUGA:Kalender Jawa Lengkap dengan Weton Agustus 2024, Penentu Hari Baik untuk Acara dan Kegiatan

Kalender Jawa September 2024

Sebelum mengetahui Kalender Jawa September 2024, ada baiknya untuk memahami Kembali tentang Neptu Jawa, Weton, dan Primbon. Ketiganya saling berkaitan tentang nasib seseorang melalui hari pasarannya.

Masyarakat Jawa sangat kental dengan budaya dan adat istiadatnya, namun tidak semua memahami secara pasti mengenai Neptu Jawa, Weton, dan Primbon.

Berikut ini penjelasan singkat mengenai Neptu Jawa, Weton, dan Primbon:

1. Neptu Jawa

Neptu Jawa adalah nilai tertentu yang diberikan pada masing-masing hari dari Senin sampai Minggu dalam seminggu. Dalam kalender Jawa, terdapat lima hari pasaran, yaitu Legi, Pahing, Wage, Pon, dan Kliwon. Setiap harinya, nilai neptu berbeda-beda.

2. Primbon

Primbon Jawa adalah nilai yang didapatkan dari perhitungan nilai neptu hari dengan nilai neptu pasaran diperoleh dari weton. Primbon berisikan ramalan yang menyerupai ramalan zodiak pada umumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: