Viral X: 1998 Terulang? Demo MK dan DPR, Mahasiswa UNPAK Berpotensi Diciduk, Link Kronologi Cuma di Sini!

Viral X: 1998 Terulang? Demo MK dan DPR, Mahasiswa UNPAK Berpotensi Diciduk, Link Kronologi Cuma di Sini!

Revisi UU Pilkada --

Puluhan pelajar terlihat datang dari arah Palmerah.

Begitu tiba di depan Gedung DPR/MPR RI, mereka langsung masuk ke dalam lewat pagar yang sebelumnya telah dijebol oleh massa aksi. 

Para pelajar juga sempat menggoyang-goyangkan pagar besi kompleks DPR yang masih tersisa. Melihat hal itu, mahasiswa yang hadir di lokasi langsung bersorak.

“Ayo anak STM, tunjukkan semangat kalian, jangan tawuran doang,” kata salah satu mahasiswa di lokasi.

 

Tak berselang lama, polisi langsung menyiagakan mobil water cannon dan menyemprotkan air ke arah massa yang mulai tak terkendali. 

Merespons hal itu, massa langsung melempari aparat keamanan yang berjaga dengan batu dan kayu. 

Aksi demonstrasi ini terjadi usai Mahkamah Konstitusi (MK) mengubah aturan soal ambang batas pencalonan gubernur dan wakil gubernur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada melalui Putusan Nomor 60/PUU-XXII/2024.

BACA JUGA:Hari ini, STISDA Lampung Tengah Gelar PBAK dan MAPABA PMII

Menurut Putusan MK, ambang batas (threshold) pencalonan kepala daerah tidak lagi sebesar 25 persen perolehan suara partai politik/gabungan partai politik hasil Pemilu Legislatif (Pileg) sebelumnya atau 20 persen kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di wilayah yang bersangkutan. MK memutuskan, threshold pencalonan kepala daerah dari partai politik disamakan dengan ambang batas pencalonan kepala daerah jalur independen/perseorangan/nonpartai sebagaimana diatur dalam Pasal 41 dan 42 UU Pilkada.

2. Universitas Pakuan Bogor Digeruduk Oknum

Semalam, Universitas Pakuan Bogor sempat menerima ancaman dan digeruduk sejumlah oknum yang diduga dari aparat TNI. 

Hal ini dikutip dari berita viral dari akun @CEN666EK di platform X, yang tentunya membuat publik juga ikut 'gemas' melihat dan mendengarnya.

Berawal dari adanya salah satu gambar mahasiswa UNPAK yang turun gunung ikut berdemo, malamnya Kampus UNPAK digeruduk sejumlah oknum tak dikenal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: