200 Meter Bendera Merah Putih Diarak, Sampaikan Pesan Persatuan dari Kota Bogor

200 Meter Bendera Merah Putih Diarak, Sampaikan Pesan Persatuan dari Kota Bogor

Pj Walikota Bogor, Heri Antasari saat mengarak bendera merah putih-Adi Wirman-Radar Pena

BOGOR, RADARPENA.CO.ID - Sebanyak 3.000 orang memegang dua bentang bendera merah putih dengan ukuran masing-masing 100 x 6 meter yang bergerak 'mengombak' untuk mengaraknya sejauh 4 kilometer, menuju Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Minggu pagi 18 Agustus 2024.

Iring-iringan Kirab Merah Putih dalam rangkaian acara Festival Merah Putih (FMP) kesembilan ini, diawali dengan rangkaian kendaraan taktis dilepas langsung Danrem 061/Suryakancana, Brigjen TNI Faisol Izuddin Karimi, Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso, Dandim 0606/Kota Bogor, Kolonel Inf Fikri Ferdian dari atas Jembatan Otista.

Pj Wali Kota Bogor, Hery Antarsari mengatakan, kegiatan ini merupakan berkah kebersamaan dalam memupuk nasionalisme dan Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Hari ini bagian dari acara puncak Festival Merah Putih yang dilaksanakan sepanjang bulan Agustus. Ini kirab merah putih sepanjang 200 meter yang diikuti oleh seluruh masyarakat dan stakeholder. Kegiatan ini diinisiasi oleh masyarakat, Bogor Sahabat (Bobat), kita, Pemerintah (kota), TNI-Polri mendukung tidak saja dalam rangka memperingati hari kemerdekaan, juga untuk memupuk kebersamaan, rasa nasionalisme, cinta tanah air, Bhineka Tunggal Ika," katanya.

BACA JUGA:

Selama pelaksanaan, Festival Merah Putih hingga kegiatan puncak Kirab Merah Putih mengusung tema ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’ yang terus digaungkan di tengah masyarakat.

Hery Antasari juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat, pengguna jalan dan pedagang terutama yang dilintasi oleh jalur kirab.

Selain diikuti oleh ribuan peserta yang membentangkan bendera, Kirab Merah Putih ini juga diisi oleh penampilan dari Purna Paskibra, drumband dan marching band yang membawakan lagu-lagu nasional dan lagu pop. Ada pula penampilan kesenian, serta berbagai komunitas dan masyarakat umum yang ikut bergabung dan menyaksikan yang totalnya mencapai kurang lebih 20 ribu orang.

Danrem 061/Suryakancana, Brigjen TNI Faisol Izuddin Karimi menyatakan, kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini sangat luar biasa.

"Dengan penuh semangat dedikasi ini merupakan bagian dari nilai-nilai kebangsaan yang telah diwariskan oleh para leluhur kita. Tentunya kita sebagai generasi muda generasi penerus bangsa  harus terus wujudkan dan melestarikan semangat perjuangan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: