12 Makanan yang Baik untuk Fungsi Kinerja Ginjal Jika Dikonsumsi Secara Rutin, Apa Saja Sih?

12 Makanan yang Baik untuk Fungsi Kinerja Ginjal Jika Dikonsumsi Secara Rutin, Apa Saja Sih?

Foto Ilustrasi: Kesehatan ginjal-ilustrasi-berbagai sumber

Ikan kakap adalah salah satu jenis ikan laut yang dikenal sebagai sumber protein berkualitas tinggi dengan sedikit lemak jenuh. Ikan ini juga rendah fosfor, yang merupakan pertimbangan penting bagi orang dengan masalah ginjal, karena ginjal yang tidak sehat mungkin kesulitan menghilangkan fosfor dari darah.

Dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan ginjal, Anda dapat mendapatkan manfaat protein tanpa membebani ginjal dengan fosfor yang berlebihan.

Ikan kakap laut juga mengandung asam lemak omega-3, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menjaga kesehatan jantung, yang juga berdampak positif pada kesehatan ginjal.

10.  Putih Telur

Makanan yang baik untuk kesehatan ginjal ini merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang rendah fosfor. Fosfor adalah mineral yang harus dihindari atau dibatasi dalam diet bagi orang yang memiliki masalah ginjal tertentu, seperti gagal ginjal.

Oleh karena itu, putih telur dapat menjadi alternatif yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein tanpa memberikan beban berlebih pada ginjal.

Selain itu, putih telur juga rendah lemak dan kalori, menjadikannya pilihan makanan yang sehat untuk mendukung kesehatan ginjal.

11.  Jamur Shitake

Jamur Shitake adalah jenis jamur yang populer dalam masakan Asia. Makanan yang baik untuk kesehatan ginjal ini mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin D dan senyawa antioksidan.

Vitamin D adalah nutrisi yang penting untuk kesehatan ginjal karena membantu dalam penyerapan kalsium dan menjaga keseimbangan mineral dalam tubuh.

Senyawa antioksidan dalam jamur Shitake dapat membantu melindungi ginjal dari kerusakan oksidatif. Jamur Shitake dapat dimasak dalam berbagai hidangan, dan dengan keberadaan berbagai nutrisinya, mereka dapat menjadi tambahan yang baik dalam diet untuk menjaga kesehatan ginjal.

12.  Apel

Apel menjadi daftar makanan yang baik untuk kesehatan ginjal. Sebab, buah ini mengandung serat, antioksidan, dan rendah natrium. Serat membantu mengontrol gula darah dan tekanan darah. Sementara antioksidan melindungi ginjal dari kerusakan oksidatif.

Tingkat protein dan fosfor yang rendah pada apel menjadikannya pilihan yang baik bagi individu dengan masalah ginjal. Selain itu, apel membantu menjaga hidrasi dan memiliki sifat anti-inflmasi.

Itu dia daftar makanan yang baik untuk kesehatan ginjal yang bisa Anda konsumsi. Selain mengonsumsi makanan di atas, sebaiknya dibarengi dengan pola hidup sehat, seperti olahraga teratur, minum air putih serta istirahat yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: