Manfaat Sawo, si Buah Eksotis yang Kaya Akan Khasiat, Apa Saja Sih?

Manfaat Sawo, si Buah Eksotis yang Kaya Akan Khasiat, Apa Saja Sih?

manfaat buah sawo untuk kesehatan.--Instagram.com

Kandungan senyawa kimia yang terkandung dalam buah sawo juga diketahui bisa mengobati batuk. Kandungannya tersebut bekerja dengan cara membasmi dahak atau lendir dan mukus dari rongga hidung dan saluran pernapasan. Dengan ini, hidung yang mampet dan batuk yang kamu alami bisa segera teratasi. 

Anti Inflamasi

Manfaat selanjutnya dari buah sawo adalah sebagai agen anti-inflamasi. Sawo memiliki kandungan tanin yang tinggi, yang menjadikannya sebagai agen anti-inflamasi penting. Artinya, buah sawo membantu dalam memperbaiki kondisi saluran pencernaan dengan mencegah penyakit seperti esofagitis, radang usus, sindrom iritasi usus besar, dan gastritis.

Selain itu, kandungan tanin dalam sawo juga dapat mengurangi peradangan dengan cara mengatasi pembengkakan dan nyeri yang terkait dengan kondisi inflamasi tersebut. Dengan demikian, mengonsumsi sawo secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meredakan masalah peradangan.

Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Selain kalium, sawo juga mengandung magnesium, mineral penting yang membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Sehingga mendukung fungsi otot dan sistem saraf secara optimal. Oleh karena itu, manfaat buah sawo tidak hanya diungkapkan dalam aspek nutrisi secara umum tetapi dalam pengaturan elektrolit penting.

Nah itulah, beberapa manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh. Untuk menunjang kesehatan tubuh secara menyeluruh, barengi dengan pola hidup sehat lainnya, seperti rutin berolahraga. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: