Waspada! Makanan Berbahaya Asal China Beredar di Pasaran, Puluhan Anak di Sukabumi dan Inhil Keracunan

Waspada! Makanan Berbahaya Asal China Beredar di Pasaran, Puluhan Anak di Sukabumi dan Inhil Keracunan

Makanan China Hot Spicy Latiro berbahaya--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Masyarakat diminta untuk mewaspadai makanan berbahaya asal China yang beredar di pasaran.

Puluhan anak di Sukabumi, Jawa Barat dan Indragiri Hilir (Inhil) Sumatera Selatan keracunan makanan berbahaya asal China.

Peneliti Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Niti Emiliana meminta masyarakat mewaspadai produk makanan dan minuman ilegal asal China yang dapat mengancam kesehatan.

Niti mengimbau masyarakat agar lebih teliti dalam membeli produk pangan. Salah satunya adalah dengan mengecek izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar terhindar dari makanan dan minuman ilegal.

"Konsumen tidak perlu membeli makanan atau minuman yang tidak ada izin edar BPOM," kata Niti dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, 9 Agustus 2024.

BACA JUGA:

Imbauan tersebut tidak terlepas dari temuan sejumlah kasus yang diakibatkan oleh makanan dan minuman ilegal asal China. Salah satu kasusnya terjadi di Sukabumi, Jawa Barat pada Mei 2024 lalu. Sebanyak enam siswa SDN Cidadap I, Kecamatan Sukaraja mengalami pusing, mual, dan muntah usai membeli snack asal China bermerek Hot Spicy Latiru dan Latiao Strips.

Kasus serupa juga pernah terjadi di Kabupaten Indragiri Hilir, Sumatera Selatan, di mana 18 murid mengalami sakit kepala hingga kembung setelah menyantap jajanan berbentuk permen lunak asal China.

Untuk itu, Niti pun menyarankan masyarakat lebih mengonsumsi produk-produk lokal. Menurutnya, kualitas makanan dan minuman lokal banyak yang lebih baik dibandingkan produk luar negeri seperti China. Bahkan, dalam banyak keamanan produk makanan dan minuman lokal lebih terjamin.

"Produk lokal pun sebenarnya juga banyak yang kualitasnya juga bagus," ucap Niti.

Produk makanan dan minuman asal China dalam beberapa dekade terakhir sering mendapat sorotan. Pasalnya, kualitas dan keamanan produk pangan China kerap bermasalah.

BACA JUGA:

Salah satu yang terbaru ditemukan minyak goreng asal China yang bercampur dengan bahan bakar minyak (BBM). Hal itu terjadi lantaran kapal tanker tidak dibersihkan dari BBM saat mengangkut minyak goreng demi menekan biaya.

Pada Mei 2024, Badan Pangan Singapura (SFA) menarik peredaran produk kacang impor buatan China bermerek Xiyuguoyuan Xinjiang Paper Roasted Walnut ukuran kemasan 500 gram dan 1 kilogram (kg). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: