Dikenal Ampuh dan Efektif, Berikut 7 Cara Alami untuk Turunkan Kadar Gula Darah Agar Kembali Normal

Dikenal Ampuh dan Efektif, Berikut 7 Cara Alami untuk Turunkan Kadar Gula Darah Agar Kembali Normal

cara menurunkan kadar gula darah dengan alami-ilustrasi-Berbagai Sumber

Minum air putih yang cukup juga sangat diperlukan sebagai salah satu cara menurunkan gula darah. Karena air putih merupakan minuman nol kalori dan tidak ada kandungan gula. Air putih mampu mencegah dehidrasi yang menjadi salah satu faktor terjadinya diabetes. Air putih juga dapat membantu kerja ginjal untuk membuang kelebihan gula melalui urin. Dilansir dari Healthline, terdapat satu ulasan studi observasi yang menunjukkan bahwa orang yang minum lebih banyak air memiliki risiko lebih rendah terkena kadar gula darah tinggi sehingga mengurangi risiko diabetes.

Pilih karbohidrat yang baik dan jangan berlebih

Dilansir dari Clevelandclinic, Asterino-McGeean mengatakan bahwa karbohidrat tidak "buruk", meskipun karbohidrat memengaruhi kadar gula darah. Gula darah meniru asupan karbohidrat. Jadi agar gula darah tidak naik, maka perlu adanya konsisten dalam hal makan. Jangan terlalu banyak karbohidrat karena akan meningkatkan kadar gula. Itulah mengapa konsistensi adalah kuncinya.

BACA JUGA:

Asterino-McGeean merekomendasikan untuk makan karbohidrat dengan porsi yang sama setiap kali makan. Tergantung pada rencana makan, jumlah keseluruhan karbohidrat yang dimakan sepanjang hari juga mungkin perlu dikurangi. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat yang direkomendasikan adalah kacang dan lentil, buah berry (strawberry, blueberry, rasberry), yogurt yunani, ubi jalar, biji-bijian utuh.

Konsumsi makanan yang kaya probiotik

Cara menurunkan gula darah berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan probiotik juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat mempengaruhi kesehatan saluran pencernaan dan mengatur kadar gula darah dengan lebih baik. Yogurt, kefir, tempe, kimchi, dan sauerkraut adalah beberapa contoh makanan yang kaya akan probiotik.

Jangan melewatkan waktu makan

Cara menurunkan gula darah yang juga ampuh adalah menghentikan kebiasaan melewatkan waktu makan. Ini karena melewatkan waktu makan bisa mengakibatkan lonjakan kadar gula darah saat makan berikutnya. Oleh karena itu, makanlah secara teratur 3 kali sehari. Jika ingin mengonsumsi camilan, pilih camilan yang sehat, seperti buah-buahan.

Demikianlah, ulasan artikel di atas mengenai cara menurunkan kadar gula darah secara alami yang pasti ampuh dan efektif. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: