Dikenal Ampuh dan Efektif, Berikut 7 Cara Alami untuk Turunkan Kadar Gula Darah Agar Kembali Normal

Dikenal Ampuh dan Efektif, Berikut 7 Cara Alami untuk Turunkan Kadar Gula Darah Agar Kembali Normal

cara menurunkan kadar gula darah dengan alami-ilustrasi-Berbagai Sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kadar gula darah yang tinggi dapat menimbulkan beberapa gejala, seperti kelelahan, sering haus dan lapar, sering buang air kecil, kesemutan, penglihatan kabur, serta luka sulit sembuh. Namun, kadang gula darah tinggi juga bisa tanpa gejala. 

Tubuh mengatur gula darah dengan memproduksi insulin yang memungkinkan sel menggunakan gula dalam darah. Namun, ada banyak faktor kadar gula dalam darah jadi tidak terkontrol hingga mengakibatkan hiperglikemia atau gula darah tinggi

Sebagian orang dengan hiperglikemia perlu mengonsumsi obat tertentu untuk menurunkan gula darah. Penyebab tingginya kadar gula darah ini dapat dipengaruhi oleh banyak hal. 

Beberapa di antaranya berada di luar kendali, seperti kondisi kesehatan yang menyebabkan gula darah tinggi (hiperglikemia), atau memiliki kecenderungan genetik. Gaya hidup juga dapat berperan dalam kadar gula darah yang naik dan turun. 

BACA JUGA:

Dengan menerapkan gaya hidup sehat, risiko diabetes dan penyakit kronis lainnya dapat dikurangi. Berikut 7 cara yang dapat menurunkan kadar gula darah secara alami tanpa menggunakan obat yang efektif:

Konsumsi biji-bijian utuh (whole grains)

Biji-bijian utuh atau yang disebut juga dengan whole grains merupakan jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang memiliki rantai gula lebih panjang, sehingga membutuhkan waktu cukup lama bagi tubuh untuk mencerna dan menyerap karbohidrat tersebut.

Dibanding biji-bijian olahan (refined grains) seperti nasi putih yang bisa meningkatkan gula darah setelah dikonsumsi, biji-bijian utuh justru dapat menurunkan kadar gula darah. Sebuah studi yang dilakukan pada 2017 menemukan mengonsumsi biji-bijian utuh dapat menstabilkan kadar gula darah setelah makan dibandingkan dengan mengonsumsi biji-bijian olahan.

Jalan kaki setelah makan

Usai makan, sebaiknya ambil waktu untuk jalan kaki sebentar. Jalan kaki memungkinkan tubuh membakar karbohidrat yang baru saja dikonsumsi sehingga gula darah turun. Jalan kaki juga meningkatkan efektivitas kerja insulin untuk membersihkan gula dari darah.

Kelola rasa stres

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa stres menjadi salah satu penyebab naiknya gula darah. Maka dari itu, Anda harus kelola rasa stres dengan baik.Pasalnya, saat stres, tubuh mengeluarkan hormon yang disebut glukagon dan kortisol. Hal ini menyebabkan kadar gula darah meningkat. Jadi, cobalah untuk lebih rileks lagi dalam menghadapi suatu masalah dengan mendistraksi pikiran dengan cara melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Minum air putih yang cukup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: