Badan Terasa Lemas dan Lesu Setelah Bangun Tidur? Ini Penyebabnya!

Badan Terasa Lemas dan Lesu Setelah Bangun Tidur? Ini Penyebabnya!

Ilustrasi seseorang bangun tidur -ilustrasi-Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pernahkah kamu merasa ketika bangun tidur badan terasa lemas dan lesu? Alih-alih merasa segar, namun ternyata kondisi ini akan menganggu aktivitas setelahnya, sebab tidur itu sendiri sebenarnya dilakukan untuk mengisi energi pada tubuh. 

Saat bangun tidur harusnya tubuh dalam kondisi fit sehingga bisa melakukan aktivitas dengan baik. Kualitas tidur turut berperan besar dalam menentukan kebugaran tubuh Anda di saat bangun di pagi hari.

Selain buruknya kualitas tidur, ada faktor atau penyebab lainnya mengapa badan kamu lemas di saat bangun tidur, satu di antaranya karena stres yang berlebih.

Berbagai penyebab ini harus segera diatasi karena jika dibiarkan berlarut akan menyebabkan berbagai macam penyakit lainnya.

Lantas, apa saja penyebab badan merasa lemas di saat kita bangun tidur? Simak ulasannya pada artikel di bawah ini.

BACA JUGA:

Kualitas tidur rendah

Meskipun tidur selama waktu yang cukup, kualitas tidur yang rendah juga dapat menjadi penyebab badan lemas. Tidur yang terganggu oleh suara, cahaya, atau gangguan lingkungan lainnya dapat menghambat tahap-tahap tidur yang esensial. Ini bisa menyebabkan tubuh merasa belum benar-benar istirahat meskipun sudah tidur cukup lama.

Stres

Kekhawatiran akan berbagai hal sering kali membuat Anda terjaga hingga larut malam. Tidak jarang, meski sudah bisa tidur, Anda akan kembali terbangun dan masih memikirkan hal serupa. Kondisi itulah yang kemudian membuat stres menjadi salah satu penyebab badan lemas saat bangun tidur. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengelola stres. Setiap orang bisa memiliki cara berbeda-beda dalam menangani stres.

Kecemasan atau kegelisahan

Rasa cemas dan gelisah bisa menjadi penyebab badan lemas saat bangun tidur.  Misal, rasa gelisah yang muncul akibat mimpi buruk kerap membuat kamu terbangun dengan jantung yang berdebar-debar. Pada akhirnya, mimpi buruk bisa membuat badan terasa lelah. Kamu pun merasa seperti tak cukup beristirahat, padahal durasi tidur ideal mungkin sudah tercukupi.

Paparan sinar biru

Apakah kamu salah satu orang sering bermain gadget sesaat sebelum tidur? Ternyata hal ini sangat berpengaruh untuk mengurangi kualitas tidurmu, lho. Karena paparan cahaya atau sinar biru, dapat menekan sekresi melatonin yang berfungsi untuk mengatur siklus bangun-tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: