Berikut Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi Serta Sehat dan Bikin Awet Muda, Coba Yuk!

Berikut Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi Serta Sehat dan Bikin Awet Muda, Coba Yuk!

Sumber Kolagen Alami Terbaik untuk Kulit Awet Muda--Foto: ideogram.ai

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kolagen merupakan salah satu protein yang tidak larut dan berfungsi untuk menyusun jaringan tubuh, seperti tulang, tulang rawan, dan kulit. Protein ini diproduksi secara alami di dalam tubuh, namun jumlahnya dapat menurun seiring dengan pertambahan usia. 

Untuk menjaga jumlah kolagen di dalam tubuh, kamu cukup mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen untuk asupan kulit sehatmu. Sebagai komponen utama kulit, kolagen bertanggung jawab untuk menjaga kekencangan, kelembapan, dan elastisitas kulit. 

Selain itu, kolagen juga membantu memperkuat struktur rambut dan kuku. Lalu, bagaimana caranya kamu mendapatkan asupan kolagen harian untuk menikmati semua manfaat tersebut?

Berikut, daftar makanan yang mengandung kolagen tinggi yang mudah didapatkan, dan tentunya bergizi dan baik untuk kesehatan kulit. 

BACA JUGA:

Daging ayam 


Ilustrasi ayam goreng mentega --Instagram @devinahermawan

Makanan pertama yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi adalah daging ayam. Ada alasan mengapa banyak suplemen kolagen berasal dari daging ayam. Hal ini lantaran daging ayam memiliki berbagai nutrisi penting, salah satunya adalah kolagen. Secara spesifik, paha ayam bagian daging yang menjadi sumber kolagen terbaik dari daging ayam. Karena itu, tidak ada salahnya untuk memasukan daging ayam, terutama paha ayam pada menu makanan sehari-hari. 

Ikan

Ikan merupakan jenis makanan yang menjadi sumber kolagen berkualitas tinggi. Pasalnya, kolagen yang terkandung di dalam ikan cenderung lebih mudah dicerna dibandingkan jenis kolagen dari makanan lain. Untuk memperoleh kandungan kolagen berkualitas dari ikan, Anda dapat mengonsumsi bagian kepala dan kulitnya.

Ubur-ubur

Ubur-ubur adalah makanan pokok yang populer di banyak masakan Asia. Ubur-ubur juga bisa menjadi sumber alami kolagen yang dianggap membantu proses penyembuhan luka. Sebuah penelitian yang mengamati tiga jenis ubur-ubur menemukan bahwa sekitar setengah kandungan proteinnya berasal dari kolagen. Selain itu, ubur-ubur juga rendah lemak dan mengandung beragam mikronutrien yang menjadikannya padat nutrisi.

Sayuran berdaun hijau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: