Kunci Umur Panjang dari Menkes Budi Gunadi: Cek Kesehatan Secara Berkala

Kunci Umur Panjang dari Menkes Budi Gunadi: Cek Kesehatan Secara Berkala

Menkes Budi Gunadi Sadikin/ilustrasi -ilustrasi-ist

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menjaga kesehatan dan mencapai umur panjang adalah impian banyak orang dalam menjalani hiudp. 

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, berbagi beberapa tips dan kunci untuk mencapai hidup sehat dan umur panjang. 

Dalam berbagai kesempatan, beliau menekankan pentingnya pola hidup sehat dan peran aktif setiap individu dalam menjaga kesehatannya.

Budi Mengingatkan, masyarakat untuk menjaga kesehatan seiring dengan meningkatnya prevalensi penyakit tidak menular di Indonesia,

Hal itu disampaikan Budi pada saat meluncurkan program Integrasi Layanan Primer (ILP) di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah pada Jumat 19 Juli 2024.

“Jagalah tubuh tetap sehat, jangan sampai sakit,” kata Budi dalam keterangan resminya, dikutip Senin 22 Juli 2024.

Budi menjelaskan, sejumlah penyakit tidak menular seperti jantung, stroke, dan kanker masih mendominasi penyebab kesakitan dan kematian di Indonesia.

"Karena penyakit tersebut adalah penyakit kronis yang terjadi dalam waktu lama serta membutuhkan biaya yang tidak sedikit," ujarnya.

Selain itu, Budi juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan rutin melakukan cek kesehatan minimal 1 tahun sekali untuk mengetahui riwayat kesehatan diri, sehingga bila ditemukan gangguan kesehatan dapat diketahui sejak awal dan dapat segera ditangani.

“Kalau itu dideteksi lebih dini 5 tahun sebelumnya, bisa dihindari sejak awal, jadi dia tidak akan kena stroke, tidak akan meninggal, umurnya akan panjang,” terangnya.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan dasar untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut meliputi pemeriksaan tekanan darah, gula darah, dan kolesterol, dimana jika hasilnya tidak sesuai, harus segera berobat ke puskesmas.

“Kalau di atas batas normal jangan panik, cepat datang ke Puskesmas, dikasih obat gratis, benar-benar gratis,” tuturnya.

Pemeriksaan lain yang perlu dilakukan, yakni cek lingkar perut atau Indeks Masa Tubuh (IMT) dengan batas aman lingkar perut pria 90 cm, sementara untuk wanita 80 cm.

Jika melebihi batas, harus segera dikontrol, sebab lemak perut bila berlebihan akan memicu masalah kesehatan yang serius seperti serangan jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: