Ternyata Ini Bahaya dan Larangan Tidur Sore Menjelang Maghrib Menurut Pandangan Islam

Ternyata Ini Bahaya dan Larangan Tidur Sore Menjelang Maghrib Menurut Pandangan Islam

Foto Ilustrasi: larang tidur di sore hari menurut pandangan islam.--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Biasanya, orang yang tidur setelah ashar juga dapat disebabkan oleh hal tertentu. Bisa saja karena kelelahan, sakit, atau ketika dalam perjalanan jauh. Namun perlu diwaspadai, tidur di waktu ini dapat mengakibatkan berkurangnya daya aktif akal manusia. 

Bahkan sebagian ulama salaf ada yang memakruhkan tidur setelah ashar. Tidur termasuk ke dalam kebutuhan sehari-hari manusia sebagaimana Rasulullah SAW mengatakan bahwa tubuh memiliki jatah untuk istirahat. 

Ada yang mengatakan bahwa tidur sore menurut Islam adalah dilarang, benarkah? Pada dasarnya Islam mengajarkan umatnya untuk tidak zalim terhadap diri sendiri, contohnya dengan tidak memberi waktu tubuh untuk beristirahat.

Akan tetapi, umat muslim pun harus memperhatikan waktu kapan saja yang boleh dipakai untuk tidur. Dalam Islam, terdapat waktu yang dilarang untuk kita tidur pada waktu tersebut. Kapan waktu tersebut?

BACA JUGA:

Berdasarkan informasi yang dibagikan dalam buku 'Risalah Hati' oleh Achmad Rozi El Eroy, dikatakan bahwa Allah SWT tidak pernah melarang hamba-Nya untuk tidur. Bahkan Allah SWT memberikan waktu bagi manusia untuk mendapatkan waktu agar bisa mengistirahatkan tubuhnya. Sebagaimana disampaikan dalam firman Allah SWT melalui Surat Al-Qashash ayat 73 bahwa:

وَمِنْ رَّحْمَتِهٖ جَعَلَ لَكُمُ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ لِتَسْكُنُوْا فِيْهِ وَلِتَبْتَغُوْا مِنْ فَضْلِهٖ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ ۝٧٣

Wa mir raḫmatihî ja'ala lakumul-laila wan-nahâra litaskunû fîhi wa litabtaghû min fadllihî wa la'allakum tasykurûn.

Artinya: "Berkat rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang agar kamu beristirahat pada malam hari, agar kamu mencari sebagian karunia-Nya (pada siang hari), dan agar kamu bersyukur kepada-Nya."

Melalui ayat tersebut Allah SWT memerintahkan bagi umat-Nya untuk mencari karunia di siang hari dan beristirahat di malam hari. Oleh karena itu, setiap muslim dapat menggunakan waktu-waktu tersebut sebaik-baiknya sesuai perintah Allah SWT.

Namun, bagaimana dengan tidur setelah Ashar menjelang Maghrib? Sebagai cara untuk mengetahui terkait hal tersebut, berikut akan dipaparkan hukum tidur setelah Ashar menjelang Maghrib yang dapat dijadikan sebagai panduan bagi setiap muslim.

Hal tersebut senada dengan apa yang disampaikan dalam buku yang sama yaitu 'Risalah Hati' bahwa terdapat pesan Rasulullah SAW bahwa:

"Tidur pada waktu pagi itu suatu kedunguan, tidur pada siang hari itu bagus, dan tidur pada sore hari itu adalah kebodohan."

Melalui riwayat lain, terdapat sebuah penjelasan mengenai sebuah hadits yang menyampaikan terkait tidur setelah Ashar yang kerap membuat seseorang mengalami efek tertentu. Imam Al-Ghazali dalam bukunya '40 Pokok Agama', dikatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: