Kemendikbudristek Sambut 500 Anak-Anak Papua Penerima Beasiswa ADEM 2024

Kemendikbudristek Sambut 500 Anak-Anak Papua Penerima Beasiswa ADEM 2024

Terlihat anak-anak Papua yang bisa ikut beasiswa ADEM 2024 begitu bahagia--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyambut 100 peserta didik Beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) 2024. Para penerima Beasiswa itu merupakan siswa asal Papua yang akan melanjutkan pendidikan di Provinsi Banten. Acara penyambutan diawali dengan nonton film bersama dan dilanjutkan dengan gelar wicara di CGV FX Sudirman, Jakarta.

Staf Ahli Mendikbudristek bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin, menyatakan bahwa Merdeka Belajar memberikan peluang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengekspresikan kecerdasan dan kreativitas mereka. Melalui program ADEM, para penerima beasiswa dapat bersekolah di tempat baru dan menggali potensi yang dimiliki.

 

“Dengan bersekolah di tempat baru, penerima ADEM 2024 dapat berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan baru. 

Dari interaksi itu, mereka dapat membangun relasi baru, mengasah kemampuan diri, dan menekuni bidang yang disukai,” ujar Tatang dalam keterangan tertulis yang diterima Media.

Tatang juga menilai bahwa siswa Papua memiliki kemampuan kecerdasan yang beragam. Untuk mendukung kenyamanan dan semangat belajar, ia mengajak penerima ADEM 2024 untuk aktif berinteraksi dengan guru dan orang tua pendamping. Hal itu penting agar melalui proses pembelajaran, siswa dapat menemukan potensi dan cita-cita yang ingin dicapai.

BACA JUGA:Masih di Bandung, 7 Terpidana Kasus Pembunuhan Vina Cirebon Belum Dipulangkan ke Lapas Cirebon

“Setelah menempuh pendidikan menengah selama 3 tahun, kami berharap penerima ADEM 2024 dapat melanjutkan ke beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik). Sehingga di masa mendatang, mereka dapat membangun daerah asal dengan kemampuan yang dimiliki,” pungkas Tatang.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Adhika Ganendra, menyampaikan bahwa pada 2024 terdapat sekitar 1.200 peserta didik 

yang mengikuti program ADEM, dengan 500 di antaranya berasal dari Papua. Adhika berharap agar seluruh penerima ADEM 2024 dapat menyelesaikan 

program pendidikan dengan baik.

 

“Dibutuhkan semangat dan tekad yang tinggi untuk menyelesaikan program pendidikan ini. Penting untuk memiliki pola pikir yang kuat dan keyakinan bahwa kalian mampu dan bisa menyelesaikan pendidikan ini hingga selesai,” tutur Adhika.

Salah satu penerima ADEM 2024, Yasir Yusuf Caisar Watora, siswa asal Kabupaten Kaimana, Papua Barat, merasa bangga bisa bersekolah di tempat baru melalui beasiswa ADEM. Baginya, kesempatan ini akan dimanfaatkan untuk menekuni pembelajaran hingga ke perguruan tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: