10 Tips Sehat Hadapi Cuaca Ekstrem, Ambil Langkah Pencegahan Agar Tetap Aman

10 Tips Sehat Hadapi Cuaca Ekstrem, Ambil Langkah Pencegahan Agar Tetap Aman

Cuaca Ekstrem/ilustrasi--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Cuaca ekstrem dapat berdampak signifikan pada kesehatan dan kesejahteraan kita.

Baik itu suhu panas yang menyengat, hujan deras, atau angin kencang, penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan agar tetap sehat dan aman.

Berikut adalah beberapa tips sehat yang dapat Anda ikuti untuk menghadapi cuaca ekstrem:

1. Tetap Terhidrasi

Cuaca ekstrem, terutama panas berlebih, dapat menyebabkan dehidrasi. Pastikan untuk minum air yang cukup sepanjang hari. Hindari minuman berkafein dan beralkohol yang dapat menyebabkan dehidrasi. Membawa botol air ke mana pun Anda pergi adalah cara yang baik untuk memastikan Anda tetap terhidrasi.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Pilih makanan yang kaya nutrisi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Buah-buahan dan sayuran segar, biji-bijian, dan protein tanpa lemak sangat dianjurkan. Hindari makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh yang dapat melemahkan daya tahan tubuh.

3. Gunakan Pakaian yang Tepat

Sesuaikan pakaian Anda dengan kondisi cuaca. Pada cuaca panas, kenakan pakaian ringan dan berwarna terang yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun. Pada cuaca dingin, lapis pakaian Anda untuk menjaga kehangatan dan pilih bahan yang dapat menahan angin dan air.

4. Perhatikan Waktu Beraktivitas di Luar

Saat cuaca sangat panas atau dingin, hindari beraktivitas di luar rumah pada puncak cuaca ekstrem, seperti siang hari saat panas menyengat atau malam hari saat suhu sangat dingin. Jika harus keluar, pastikan untuk melindungi diri dengan baik.

5. Jaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan

Lingkungan yang bersih dan sehat dapat membantu mencegah penyakit. Pastikan untuk membersihkan rumah dan sekitar secara rutin. Buang sampah dengan benar, terutama saat musim hujan untuk mencegah berkembangnya nyamuk penyebab penyakit seperti demam berdarah.

6. Lindungi Kulit Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: