Pelatnas di Eropa Bantu Atlet Indonesia Adaptasi Cuaca Jelang Olimpiade Paris 2024

Pelatnas di Eropa Bantu Atlet Indonesia Adaptasi Cuaca Jelang Olimpiade Paris 2024

Potret Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Wijaya Noeradi-dok. FMB9-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Pemerintah terus melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi Olimpiade Paris 2024 yang akan berlangsung pada 26 Juli hingga 11 Agustus mendatang. 

Adapun salah satu cara menggelar Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) di Eropa sejak jauh-jauh hari. 

Sekretaris Jenderal NOC Indonesia, Wijaya Noeradi mengatakan langkah ini diambil untuk membantu para atlet beradaptasi dengan kondisi cuaca dan lingkungan Eropa.

Pasalnya Paris memiliki iklim yang berbeda dengan Indonesia, serta sistem lalu lintas yang kompleks. 

"Cuaca dan sistem lalu lintas menjadi tantangan utama yang harus dihadapi atlet. Dengan adaptasi lebih awal, diharapkan mereka dapat tampil maksimal di Olimpiade nanti," ujar Wijaya dalam dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) dikutip pada Selasa, 16 Juli 2024. 

Lebih lanjut, Wijaya menjelaskan sejak pertengahan Juni, beberapa cabang olahraga seperti gimnastik, menembak, panahan, bulu tangkis, dan sepeda sudah berada di Paris untuk memulai persiapan dan Pelatnas secara intensif. 

BACA JUGA:

“Sebagian besar cabang olahraga sudah melakukan pelatnas di Eropa untuk adaptasi,” ungkap Wijaya.

Tak hanya itu, kata Wijaya, NOC Indonesia juga terus berkoordinasi dengan federasi olahraga internasional dan panitia penyelenggara Olimpiade. 

Hal ini untuk meminimalisir kendala yang bisa terjadi selama Olimpiade digelar. 

“Kami berkomunikasi secara intensif dengan federasi internasional dan panitia Olimpiade untuk memastikan tidak ada kendala yang menghambat persiapan atlet kita,” jelas Wijaya. 

Lebih lanjut Wijaya mengatakan, dukungan kepada para atlet tak hanya datang dari pemerintah, tetapi juga dari masyarakat dan komunitas olahraga di Indonesia. 

Dukungan moral dan semangat dari masyarakat sangat berarti bagi para atlet agar bisa tampil percaya diri sehingga bisa membawa pulang medali. 

“Olimpiade bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang semangat, dedikasi, dan kebanggaan. Kami percaya atlet Indonesia siap untuk itu,” pungkas Wijaya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: