PBNU Geram, 5 Pemuda NU Temui Presiden Israel Isaac Herzog

PBNU Geram, 5 Pemuda NU Temui Presiden Israel Isaac Herzog

Pemuda NU yang temui Presiden Israel pbnu geram 5 pemuda nu temui presiden israel Isaac Herzog saat berkunjung ke Israel--nuonline

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) geram terhadap 5 pemuda NU yang menemui Presiden Israel Isaac Herzog.

Sekretaris Jenderal PBNU Gus Saifullah Yusuf alias Gus Ipul menyesalkan aksi 5 orang yang mengatasnamakan pemuda Nahdlatul Ulama ke Israel dan bertemu Presiden Isaac Herzog.

"Kelima orang tersebut tak mendapat mandat PBNU. Juga tak pernah meminta izin ke PBNU," ujar Gus Ipul dalam keterangan yang diterima pada Senin, 15 Juli 2024.

Gus Ipul mengatakan, kepergian lima orang pemuda ke Israel merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana di tengah situasi panas antara Israel dan Palestina.

Telerbih, kata Gus Ipul, NU adalah sebuah organisasi yang berada di barisan terdepan untuk mengutuk serangan terus menerus dari Israel.

BACA JUGA:

"Kepergian mereka ke Israel adalah tindakan yang sangat sangat tidak bijaksana, membingungkan dan mendapatkan banyak kecaman yang nyata. Kunjungan itu juga melukai perasaan kita semua," tuturnya.

Gus Ipul menyampaikan, saat ini pihaknya tengah mendalami persoalan tersebut dan PBNU segera memanggil kelima pemuda itu untuk dimintai tabayun.

"Yang bersangkutan akan dipanggil untuk dimintai keterangan dan penjelasan lebih dalam tentang maksud tujuannya, latar belakang dan siapa yg memberangkatkan serta hal hal prinsip lainnya," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, PBNU juga segera memanggil pimpinan Badan Otonom (Banom) serta lembaga yang menjadi pengabdian kelima orang tersebut.

"Ketua umum, juga akan memanggil pimpinan Banom dan Lembaga yang menjadi pengabdian yang bersangkutan," ungkapnya.

BACA JUGA:

Jika ditemukan unsur pelanggaran organisasi, tambau Gus Ipul, bukan tidak mungkin pemuda yang mengatas namakan NU itu akan diberhentikan dari statusnya sebagai pengurus lembaga atau banom.

Sebagai informasi, saat ini jagat maya tengah dihebohkan dengan foto yang memperlihatkan lima tokoh muda NU berpose bersama Presiden Israel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: