Penting, 3 Pilar Pengasuhan Ini Bantu Anak Tumbuh Kembang dengan Optimal lho Moms!

Penting, 3 Pilar Pengasuhan Ini Bantu Anak Tumbuh Kembang dengan Optimal lho Moms!

Ilustrasi foto: Pola pengasuhan pada anak agar tumbuh kembang dengan optimal.--unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Setiap orang tua tentu pastinya menginginkan anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi yang unggul. Salah satu cara untuk mewujudkannya dengan memperhatikan pola asuh sedari usia dini. 

Di era sekarang tumbuh di tengah adaptasi pembelajaran jarak jauh secara online, derasnya arus informasi melalui sosial media, dan pesatnya perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI), anak-anak dari generasi ini memiliki beberapa ciri, di anataranya menguasai teknologi sejak dini, terdidik secara digital.

Memastikan nutrisi anak saja tidak cukup dalam parenting atau pola asuh di zaman serba teknologi ini. Tapi harus diimbangi dengan perhatian dan mencari tahu potensi terbaik dari buah hati. 

Fakta ini dibenarkan Guru Besar Psikolog Prof.Dr. Roes Mini Agoes Salim M.Psi. Perempuan yang akrab disapa Bunda Romy ini mengatakan setidaknya ada 3 pilar penting pengasuhan yang perlu diperhatikan orangtua, yaitu potensi, atensi dan nutrisi.

BACA JUGA:

Pilar potensi merupakan bagaimana orang tua dapat mengetahui dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak, seperti modalitas belajar dan kecerdasan majemuk. Hal ini akan membantu orang tua dalam memberikan stimulasi yang tepat. 

"Agar anak-anak ini bisa tumbuh menjadi warga dunia yang multitalenta dengan kecerdasan intelektual, emosi, dan spiritual yang sehat. Namun, diperlukan sinergi 3 pilar pengasuhan yaitu, Potensi-Atensi-Nutrisi yang sebaiknya diterapkan oleh orangtua pada anaknya sejak usia dini," ujarnya dalam keterangan tertulis Morinaga, Jumat, 12 Juli 2024.

Agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai dengan baik, orangtua perlu memahami cara menerapkan tiga pilar penting tersebut dengan seimbang. 

"Pilar Potensi adalah bagaimana orangtua bisa mengetahui dan mengoptimalkan Potensi yang dimiliki anak, seperti modalitas belajar dan kecerdasan majemuk. Hal ini akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi yang tepat," katanya. 

"Kemudian Atensi, yang berkaitan dengan perhatian dan pola pengasuhan, memberikan ruang bagi anak untuk berkembang dan bertumbuh dengan sehat secara holistik. Sementara pilar Nutrisi, mengacu pada kebutuhan nutrisi yang tepat untuk mendukung kesehatan fisik dan perkembangan kecerdasan anak," sambungnya. 

Menurutnya, orangtua yang kurang memberikan atensi atas tumbuh kembang anak sejak usia dini dapat berakibat fatal bagi masa depan anak. Tanpa atensi pada pola asuh yang tepat, mengidentifikasi potensi, dan mencukupi kebutuhan nutrisinya, anak tidak bisa bertumbuh optimal sesuai minat, bakat dan kemampuannya. 

Anak tidak dapat mengembangkan dirinya serta bertumbuh dengan baik, dan melewatkan berbagai kesempatan untuk masa depannya yang lebih baik lagi. 

"Agar tidak menyesal di kemudian hari, penting bagi orangtua untuk mengintegrasikan ketiga pilar ini secara efektif sejak usia dini dengan seimbang. Sehingga anak dapat bertumbuh dengan baik, dan kelak Ia bisa berdaya menggapai mimpi besarnya," pungkas dia. 

Apalagi bagi Generasi Alfa sebagai penerus bangsa, yang dinilai punya bekal potensi besar untuk mengubah masa depan dunia menjadi lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: