5 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak: Bantu Tingkatan Kecerdasan Pada Otak

5 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak: Bantu Tingkatan Kecerdasan Pada Otak

Manfaat minyak ikan kod untuk kesehatan anak.-Foto: Unsplash.com/Supliful-SupplementsOnDemand-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Minyak Ikan berfungsi untuk kesehatan tubuh dan juga menjaga kesehatan otak dan jantung pada anak. Manfaat Minyak Ikan dapat diperoleh dengan mengonsumsi ikan secara langsung atau mengonsumsi suplemen Minyak Ikan dalam bentuk kapsul atau sirup.

Minyak ikan merupakan minyak yang dihasilkan dari berbagai jenis ikan, seperti salmon, tuna, makarel, dan sarden. Bermanfaat bagi tubuh, minyak ikan mengandung asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Kandungan yang ada pada asam lemak omega 3 terdapat dalam beberapa sumber makanan, salah satunya ada di minyak ikan. Mengonsumsi minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat berdampak baik bagi kecerdasan anak.

Salah satu jenis omega 3, asam dokosaheksaenoat atau disingkat DHA, membentuk 25 persen asam lemak pada otak dan berperan penting dalam perkembangan otak di akhir kehamilan. 

BACA JUGA:

Jenis omega 3 ini amat dibutuhkan selama masa pertumbuhan ukuran otak, sejak lahir sampai usia 2 tahun, serta masa perkembangan otak sepanjang masa kanak-kanak hingga remaja. 

DHA juga penting untuk penglihatan karena menyumbang sekitar 50 persen asam lemak tak jenuh ganda pada retina. Sebaliknya, fungsi kognitif dan penglihatan yang kurang optimal telah dikaitkan dengan status DHA yang buruk selama perkembangan janin.

Lantas, apa saja sih manfaat dan khasiat konsumsi minyak ikan untuk anak? Yuk, simak ulasan lengkapnya pada artikel dibawah ini.

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Omega-3 juga dikaitkan dengan peningkatan pembelajaran, perencanaan, memori dan perkembangan otak pada bayi dan anak-anak, menurut sebuah penelitian pada tahun 2009 yang dilakukan oleh J Pediatr Gastroenterol Nutr.

2. Melindungi Kesehatan Jantung

Selain bermanfaat bagi otak anak, minyak ikan juga baik untuk kesehatan jantung. Kandungan DHA dan EPA dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) di tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung di masa mendatang.

Menurut American Heart Association, konsumsi asam lemak omega-3 seperti yang terdapat dalam minyak ikan telah terbukti dapat mendukung kesehatan jantung.

Supaya lebih optimal, selain suplemen minyak ikan, Mama dan Papa bisa memberikan makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau untuk anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: