Wajib Tahu, Ini Penyebab Sepele yang Bisa Bikin Injektor Mesin Diesel Cepet Rusak

Wajib Tahu, Ini Penyebab Sepele yang Bisa Bikin Injektor Mesin Diesel Cepet Rusak

Ilustrasi penyebab sepele yang menyebabkan injektor mesin diesel rusak, hal ini sering diabaikan oleh pemilik.--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Injektor merupakan komponen penting pada mesin diesel yang berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar dengan tekanan tinggi.

Kerusakan pada injektor dapat menyebabkan berbagai masalah pada mesin, seperti performa menurun, asap knalpot tebal, dan bahkan kerusakan mesin yang serius.

Tentunya hal ini akan sangat menjadi momok yang mengerikan bagi pengguna mobil diesel. Dan terkadang kasus ini terjadi pada banyak pemilik lantaran sering mengabaikan hal yang terlihat sepele padahal bisa berdampak besar.

Lantas apa sebenernya penyebab sepele yang bisa bikin injector mesin diesel bisa rusak?

BACA JUGA:

Pemilik mobil diesel bisa tahu hal apa saja yang harus diperhatikan agar terhindar dari kerusakan injektor mesin diesel:

1. Jarang Ganti Filter Solar

Filter solar berfungsi untuk menyaring kotoran dan air dari bahan bakar sebelum masuk ke injektor.

Jika filter solar tidak diganti secara rutin, kotoran dan air dapat menyumbat injektor dan menyebabkan kerusakan. Idealnya, filter solar diganti setiap 10.000 km atau sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil.

2. Menggunakan Bahan Bakar Berkualitas Rendah

Bahan bakar diesel yang berkualitas rendah seringkali mengandung lebih banyak sulfur dan kotoran dibandingkan dengan bahan bakar berkualitas tinggi.

Hal ini dapat mempercepat kerusakan injektor. Sebaiknya gunakan bahan bakar diesel dari SPBU terpercaya dan sesuai dengan spesifikasi mesin mobil Anda.

3. Kebiasaan Mengemudi yang Kasar

Kebiasaan mengemudi yang kasar, seperti sering menarik gas secara mendadak atau mengerem mendadak, dapat menyebabkan tekanan pada injektor yang berlebihan dan menyebabkan kerusakan. Sebaiknya mengemudi dengan halus dan menghindari kebiasaan mengemudi yang kasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: