Ketahui Tanda Alternator di Mobil Sudah Mulai Rusak, Kenali dan Segera Perbaiki!

Ketahui Tanda Alternator di Mobil Sudah Mulai Rusak, Kenali dan Segera Perbaiki!

Alternator merupakan komponen penting dalam sistem kelistrikan mobil, yang berfungsi untuk mengubah energi dari mesin ke aki dan komponen lainnya.--AstraOtoShop

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Alternator merupakan komponen penting dalam sistem kelistrikan mobil. 

Adapun fungsinya adalah untuk mengubah energi mekanik dari mesin menjadi energi listrik untuk aki dan komponen lain. Namun seiring berjalannya Waktu alternator dapat mengalami kerusakan. 

Untuk itu penting untuk mengetahui tanda alternator rusak agar dapat segera diperbaiki dan terhindar dari mogok di jalan.

BACA JUGA:Jangan Keliru! Ini 5 Cara untuk Membedakan Odometer Mobil Asli Atau Palsu

BACA JUGA:Awas Mode Manual Mobil Matic Bisa Merusak Transmisi dan Mesin, Begini Penjelasannya

Tanda Alternator Mobil Rusak

Berikut beberapa ciri-ciri alternator mobil yang mulai rusak:

1. Lampu Redup

Salah satu ciri paling umum dari alternator yang rusak adalah lampu mobil yang redup, baik lampu utama, lampu kabin, maupun lampu sein. Hal ini terjadi karena alternator tidak lagi mampu menghasilkan arus listrik yang cukup untuk memenuhi kebutuhan semua komponen.

2. Aki Sering Tekor

Aki yang sering tekor atau tidak dapat diisi dayanya dengan baik, bahkan setelah di-jumper, juga bisa menjadi indikasi alternator bermasalah. Alternator yang rusak tidak dapat mengisi aki dengan benar, sehingga aki akan cepat habis dan tidak dapat menyimpan daya.

3. Suara Berisik dari Mesin

Bunyi decitan, dengungan, atau geraman yang berasal dari mesin saat mobil dihidupkan bisa menjadi tanda alternator mulai rusak. Bunyi ini biasanya disebabkan oleh bantalan atau puli alternator yang aus.

4. Bau Terbakar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: