Mengenal 6 Tipe Kepribadian Alpha, Beta, Omega, Gamma, Delta dan Sigma yang Dimiliki Setiap Individu

Mengenal 6 Tipe Kepribadian Alpha, Beta, Omega, Gamma, Delta dan Sigma yang Dimiliki Setiap Individu

Ilustrasi kepribadian seseorang.--Shutterstock

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mungkin kamu pernah mendengar istilah kepribadian Alpha, Beta, Gamma, Omega, Delta, dan Sigma kan? Istilah tersebut merupakan tipe-tipe kepribadian seseorang. Tipe kepribadian berdasarkan abjad Yunani ini sebenarnya dirancang sebagai studi mengenai hewan. 

Tepatnya untuk mengetahui bagaimana para hewan bersosialisasi satu sama lain. Memahami tipe kepribadian ini mungkin akan membantu kamu juga untuk lebih memahami diri sendiri dan orang-orang di sekitarmu.

Beragam cara bisa digunakan agar bisa mengetahui 6 tipe kepribadian ini secara mendalam, bahkan ada yang bisa hanya dengan menggunakan cara sederhana.

Contohnya seperti melalui beberapa tes psikologi MBTI, DISC, bahkan bisa juga dengan menelaah zodiak atau tanggal lahir seseorang.

Setidaknya, ketiga cara tersebutlah yang menjadi cara favorit bagi kebanyakan orang untuk mengetahui kepribadian seseorang, termasuk 6 kepribadian: Alpha, Beta, Omega, Gamma, Delta, Sigma.

BACA JUGA:

Akan tetapi apakah kamu pernah benar-benar sudah pernah mengetahui tentang 6 tipe kepribadian Alpha, Beta, Omega, Gamma, Delta, dan Sigma? Simak penjelasannya lebih lanjut mengenai 6 kepribadian ini, ya!


Ilustrasi kepribadian Alpha/unsplash

1. Alpha

Alpha menjadi kepribadian yang memiliki hirarki tertinggi. Menurut Wrangham (primatologis dan profesor Harvard), kepribadian Alpha memiliki kepercayaan diri yang tinggi, kemampuan untuk membujuk, mendorong, serta mengarahkan perhatian.

Alpha digambarkan memiliki fisik yang dominan. Menurut Neev Spencer (campaigner kesehatan mental serta TV & radio broadcaster), kepribadian Alpha merupakan seorang pemimpin. Sebagian dari mereka menjadi seorang CEO karena karakternya yang senang berjuang untuk menjadi yang terbaik dan selalu merasa tertantang.

2. Beta

Seseorang dengan tipe kepribadian Beta itu ramah, suka membantu, selalu berusaha menghindari konflik, dan ingin menyesuaikan diri. Spencer menjelaskan, bahwa seseorang dengan tipe kepribadian ini baik dan kepada siapa pun. Beta didorong oleh kebutuhan untuk membantu orang-orang di sekitarnya, setia, dan selalu mengutamakan orang lain.

Seseorang yang memiliki tipe kepribadian Beta dengan mudah menyesuaikan diri dan cenderung mencari penerimaan dari orang lain. Hal ini yang membuat dunia terkadang tampak seperti tempat yang keras untuk Beta. Maka penting bagi kamu yang memiliki kepribadian Beta untuk mengetahui bahwa bersikap baik dapat menjadi kekuatan besar dalam hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: