Mesin Mobilmu Cepat Panas? Pahami 7 Hal ini Untuk Deteksi Penyebabnya

Mesin Mobilmu Cepat Panas? Pahami 7 Hal ini Untuk Deteksi Penyebabnya

Lebih baik mencegah daripada mengobati dengan kenali penyebab mesin Mobilmu cepat panas--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Berbagai permasalahan mesin mobil memang tidak pernah ada habisnya untuk dibahas. Mesin mobil yang cepat panas dapat menjadi masalah yang serius jika tidak segera ditangani dengan tepat. 

BACA JUGA:Baca Ini, Kumpulan Doa Agar Diberi Ketabahan Hati saat Hadapi Musibah

Berikut ini penyebab mengapa mesin mobil lebih mudah panas: 

1. Kerusakan Radiator

Salah satu penyebab mesin panas dengan cepat pada umumnya disebabkan oleh rusaknya radiator. Seperti yang diketahui, fungsi radiator pada mobil yakni menjaga agar suhu mobil tetap stabil. Saat radiator mengalami masalah, maka mesin mobil juga turut bermasalah. 

Permasalahan lainnya yang dialami radiator hingga menjadi penyebab mesin mobil cepat panas di antaranya adalah bocornya selang air radiator mobil, pengguna cairan radiator yang tidak tepat dan sirkulasi air radiator yang tidak lancar. 

2. Kipas pendingin rusak

Kipas pendingin yang rusak juga dapat menjadi penyebab mesin mobil cepat panas. Kipas pendingin memiliki fungsi sebagai penyedot udara dingin yang berasal dari luar. Apabila kipas pendingin tidak berputar dan rusak, maka proses penyedotan udara dingin tidak dapat dilakukan dengan baik. 

Untuk mengatasinya, kamu bisa membetulkan bagian dinamo kipas pendingin. Atau bisa juga kamu cek posisi kipas pendingin, jika posisi kipas tersebut terbalik maka udara yang tersedot ialah udara panas. 

BACA JUGA:7 Game Online Kucing yang Menggemaskan dan Menghibur, Pas Banget untuk Cat Lovers!

3. Oli Mesin yang Belum Diganti

Kualitas oli mesin yang buruk akibat belum diganti juga bisa membuat suhu mesin mobil meningkat. Sebab, oli mesin tidak hanya bekerja sebagai pelumas komponen dalam mesin agar bisa bergesekan dengan mudah. 

Fungsi lain dari oli mesin juga sebagai pendingin, sehingga mobil tidak sampai overheat ketika terjadi gesekan kuat antar mesin. Penyebab mesin mobil cepat panas bisa dikarenakan jumlah oli mesin berkurang karena pemakaian.

Oli mesin dapat menguap karena bersinggungan langsung dengan ruang pembakaran. Tak hanya itu saja, oli mesin juga akan menurun kualitasnya jika sudah lama digunakan. Apalagi jika sejak awal sudah menggunakan jenis oli palsu yang dijual murah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: