Mesin Mobilmu Cepat Panas? Pahami 7 Hal ini Untuk Deteksi Penyebabnya

Mesin Mobilmu Cepat Panas? Pahami 7 Hal ini Untuk Deteksi Penyebabnya

Lebih baik mencegah daripada mengobati dengan kenali penyebab mesin Mobilmu cepat panas--

4. Thermostat Tidak Berfungsi

Thermostat adalah komponen yang membantu mengatur suhu mesin. Ada beberapa ciri yang menandakan kerusakan thermostat mobil.

Pertama, thermostat tidak membuka sepenuhnya sehingga menghalangi aliran cairan pendingin ke mesin. 

Kedua, thermostat terus membuka sehingga mesin menjadi terlalu dingin, sehingga membuat mesin mobil malah sulit menyala.

5. Penggunaan cairan radiator yang salah

Penggunaan cairan radiator juga berperan penting terhadap kondisi suhu mesin mobil. Apabila salah, maka sangat berpotensi membuat suhu mesin mobil menjadi cepat panas. Sebaiknya, kamu gunakan cairan radiator yang berkualitas dari merek ternama. 

BACA JUGA:Nikmati Kelezatan Gulai Nangka: Sajian Istimewa Kaya Cita Rasa, Cek Resep dan Cara Membuatnya

6. Kerusakan pada Water Pump

Kondisi water pump yang sudah tidak baik atau tidak berfungsi juga bisa menyebabkan mesin mobil cepat panas. Komponen ini berfungsi sebagai pompa air sehingga sirkulasinya berjalan baik.

Melalui komponen inilah air bisa terus berputar di seluruh radiator. Water pump yang rusak menjadi penyebab mesin mobil cepat panas yang mungkin saja terjadi, meski kecil kemungkinannya. 

7. Tidak Rutin Mengganti Oli Mobil 

Oli mobil berperan penting untuk melumasi tiap komponen mesin agar bisa mengurangi dampak gesekan antar komponen. Sehingga, gesekan yang terjadi tidak akan menimbulkan panas berlebih dan hal ini sangat penting untuk melindungi mesin dari keausan atau kerusakan yang bisa terjadi.

Oli mobil yang kotor atau lama tidak diganti bisa membuat mesin mobil cepat panas dan membuat mesin menjadi overheat. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan penggantian oli mobil secara rutin setiap 5.000-10.000 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: