Mengenal Kebudayaan Sukabumi

Mengenal Kebudayaan Sukabumi

--

Dalam syukuran nelayan ini ada beragam kesenian Helaran (arak-arakan) seperti angklung, buncis hingga sisingaan untuk dipertontonkan. Puncak acara ini adalah pemberian saji atau sesajen yang dilarung ke laut sebagai bentuk rasa syukur nelayan atas hasil tangkapan ikan yang melimpah. Di Kabupaten Sukabumi, hari nelayan tidak hanya terpusat di Palabuhan ratu saja, tapi juga dilakukan di sejumlah kawasan perkampungan nelayan seperti di Cisolok dan beberapa kawasan nelayan lainnya.

5. Dogdog Lojor

Dogdog lojor merupakan salah satu tradisi dan budaya Sukabumi, seni tradisi ini masih eksis hingga sekarang khususnya di Kasepuhan Ciptagelar,Sukabumi. Tradisi kesenian ini memadukan musik dan tarian khas Banten Kidul.

6. Ngagondang

Seni Ngagondang saat ini masih hidup di kalangan masyarakat Desa Gunung Bentang Kecamatan Segaranten. Pada jaman dahulu seni ini biasanya digunakan pada acara Menumbuk Padi secara gotong royong oleh kaum ibu tani dengan menggunakan alat berupa Lesung dan Halu.

BACA JUGA:Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Piala AFF U19 2024, Misi Garuda Raih Poin Perdana Grup A

Sebagai masayarakat modern saat ini tidak boleh melupakan tradisi dan warisan budaya. Beberapa alasan pelestarian tradisi budaya dan warisan sangat penting sebagai berikut: 

1. Memperkuat Identitas Lokal

Pelestarian warisan budaya membantu mempertahankan identitas lokal dan rasa persatuan di antara masyarakat. Ini membantu meningkatkan rasa kebanggaan dan penghargaan terhadap budaya mereka.

2. Menciptakan Kesempatan Ekonomi

Warisan budaya dapat menjadi aset ekonomi yang penting. Wisata budaya, kerajinan tangan tradisional, dan festival budaya adalah contoh nyata bagaimana pelestarian warisan budaya dapat menciptakan lapangan kerja dan memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan.

BACA JUGA:Air Menetes Terus dari Kolong Mobil? Ini Cara Tepat Mengetahui Penyebabnya dan Mengatasinya

3. Peningkatan Pendidikan 

Pelestarian tradisi dan warisan budaya juga memiliki nilai pendidikan yang besar. Hal ini membantu generasi muda memahami sejarah, tradisi, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk mengembangkan pemahaman yang lebih luas tentang dunia.

4. Melestarikan Pengetahuan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: