Pinjam Duit Bank Dunia Rp1,8 Triliun, Kemenhub Bangun Transportasi Massal Medan

Pinjam Duit Bank Dunia Rp1,8 Triliun, Kemenhub Bangun Transportasi Massal Medan

Menhub Budi Karya Sumadi dorong pembentukan transportasi massal-Ayu novita-Ayu novita

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminjam dana dari Bank Dunia Rp1,8 triliun untuk membangun dan membenahi transportasi massal di Medang Sumatera Utara dan Bandung Jawa Barat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan terus mendorong optimalisasi transportasi massal perkotaan.

“Kita mengevaluasi pinjaman dari Bank Dunia sebanyak Rp1,8 triliun yang diberikan kepada Medan dan Bandung. Dari dana tersebut kita akan memperbaiki infrastruktur transportasi perkotaan di kedua kota tersebut. Sehingga optimalisasi transportasi perkotaan dapat terlaksana,” kata Menhub Budi Karya dikutip Sabtu, 29 Juni 2024. 

Dalam hal ini, Budi Karya mengungkapkan khusus di Kota Medan, dukungan dana Bank Dunia tersebut akan digunakan untuk pembangunan depo yakni tempat pemberhentian akhir bus. 

BACA JUGA:

Tak hanya itu, dana tersebut akan digunakan untuk perbaikan koridor Bus Rapid Transit (BRT) kota Medan seperti pembangunan pedestrian dan halte. 

“Dana Rp1,8 triliun bukan untuk depo saja, depo hanya Rp300 miliar. Perbaikan dilakukan untuk satu koridor BRT Medan yang panjangnya hampir 10 kilometer, di mana di situ ada pedestrian, halte yang ikonik, aman, dan sebagainya. Singkat kata, bisa dikatakan bahwa ini jadi suatu percontohan,” ujar Budi Karya. 

Lebih lanjut, Budi Karya mengatakan, depo yang nantinya dibangun akan dilengkapi dengan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Hal itu sejalan dengan rencana pengambilalihan BRT dari pemerintah pusat ke Pemerintah Kota Medan pada 17 Agustus 2024 dan konversi BRT menjadi kendaraan berbasis listrik. 

“Kami akan dukung, termasuk depo, kita berikan lahan dari Pemkot Medan. Lalu per 17 Agustus, mungkin jadi hadiah juga untuk masyarakat Kota Medan yang menggunakan transportasi umum. Nanti kalau bisa seluruhnya akan pakai kendaraan listrik,” ujar Wali Kota Medan, Bobby Nasution.(ayu novita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: