Update Prakiraan Cuaca Indonesia Sabtu 29 Juni 2024, Sebagian Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

Update Prakiraan Cuaca Indonesia Sabtu 29 Juni 2024, Sebagian Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

Prakiraan cuaca Indonesia pada Sabtu 29 Juni 2024.--Foto: Unsplash.com/LivBruce

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Berdasarkan pantauan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di laman web.meteo.BMKG.go.id, cuaca di sebagian wilayah Indonesia diperkirakan hujan pada Sabtu, 29 Juni 2024. Pada hari ini suhu di tanah air berada di rentang 21-33 derajat celcius. 

Menurut pantauan dari BMKG untuk beberapa wilayah seperti di pulau Jawa diprediksi akan cerah berawan pada pagi hari, kemudian hujan ringan saat siang hari, cerah berawan pada malam hari, dan berawan ketika dini hari. Rata-rata suhu yang tercatat di kota tersebut yaitu sebesar 25-29 derajat celcius. 

Lalu, BMKG memperkirakan cuaca di pulau Sumatera diprediksi akan mengalami hujan lebat. Rata-rata suhu yang tercatat di kota tersebut yaitu sebesar 24-33 derajat celcius.

BACA JUGA:

Selanjutnya, cuaca di Kalimantan diramal berpotensi hujan dengan intensitas tinggi. BMKG mengingatkan potensi banjir di wilayah ini mengingat curah hujan yang tinggi. Rata-rata suhu yang tercatat di kota tersebut yaitu sebesar 24-33 derajat celcius.

Cuaca di Sulawesi diprediksi berpotensi hujan lebat. Kondisi ini dapat memicu tanah longsor di daerah perbukitan dan pegunungan. Bahkan BMKG menjelaskan bahwa fenomena cuaca ini disebabkan oleh adanya pola tekanan rendah di wilayah Samudra Hindia sebelah barat Sumatera.  

Adapun ramalan cuaca di Papua yang akan berpotensi hujan dengan intensitas tinggi. BMKG mengingatkan adanya banjir dan tanah longsor mengingat curah hujan yang tinggi di wilayah ini. BMKG menjelaskan bahwa fenomena cuaca ini disebabkan oleh adanya pola tekanan rendah di wilayah Samudra Hindia sebelah barat Sumatra.

Pola ini memicu pembentukan awan hujan yang bergerak menuju daratan Indonesia. Selain itu, terdapat juga pengaruh dari Monsun Asia yang aktif, yang membawa udara lembap dan meningkatkan potensi hujan lebat di wilayah-wilayah tertentu.

BACA JUGA:

BMKG menekankan pentingnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi cuaca ekstrem ini.  Informasi ini bersifat umum dan dapat diperbarui setiap 3 jam melalui aplikasi Info BMKG yang dapat diunduh melalui App Store maupun Play Store.

Masyarakat diimbau untuk selalu memantau perkembangan cuaca terkini dan mengikuti peringatan BMKG untuk menjaga keselamatan dan kesiapan menghadapi kondisi cuaca ekstrem yang mungkin akan terjadi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: