Kenali Penyebab Lampu Rem Mobil yang Sering Mati dan Cara Mengatasinya

Kenali Penyebab Lampu Rem Mobil yang Sering Mati dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi lampu rem mobil berperan penting dalam keselamat pengemudi dan pengendara lain, untuk itu perlu perbaikan jika lampu rem mobil bermasalah.--ToyotaAstraMotor

BACA JUGA:

Selain dari kondisi dan kualitas lampunya, penyebab lampu rem mobil sering mati bisa jadi karena hal lainnya, seperti dudukan bola lampu, kabel, atau rangkaian listrik lainnya.

Yanto menjelaskan, dudukan lampu yang renggang dan kotor bisa jadi penyebab lampu rem mobil sering mati.

Maka dari itu perlu dibersihkan atau disetel kembali agar lampu rem berfungsi dengan normal.

Kondisi lain yang menyebabkan rem mobil cepat mati adalah masalah kabel yang tidak sesuai sehingga menghambat arus kelistrikannya.

"Dudukan bola lampu bisa renggang, atau kotor sehingga perlu disetel dan dibersihkan bila perlu, selanjutnya periksa sambungannya baik itu kabel positif ataupun negatifnya, bisa saja kurang kuat sehingga arus listrik terhambat," ujar Yanto.

Selain itu, lampu rem mati bisa disebabkan oleh kabel terputus karena insiden atau digigit hewan. 

Yanto mengatakan untuk memeriksanya sebaiknya dilakukan di bengkel karena butuh ketelitian.

"Saklar lampu rem yang ada di pangkal pedal rem juga bisa menyebabkan lampu rem mati, tapi itu masalah yang disebabkan akan lebih kompleks lagi," kata Yanto.

Dari penjelasan diatas diketahui bahwa lampu rem bisa rusak atau tidak bekerja secara optiimal alias mati bisa disebabkan oleh banyak hal. Maka dari itu perlu adanya pegecekan baik secara pribadi ataupun dibawa ke bengkel agar lebih yakin.

Lampu rem bukan hanya sebagai pajangan atau hiasan pada sebuah kendaraan, perlu diingat bahwa lampu rem mobil berperan penting dalam sebuah tanda dan bisa menghindari terjadi kecelakaan.

Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: