Kenali Penyebab Lampu Rem Mobil yang Sering Mati dan Cara Mengatasinya

Kenali Penyebab Lampu Rem Mobil yang Sering Mati dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi lampu rem mobil berperan penting dalam keselamat pengemudi dan pengendara lain, untuk itu perlu perbaikan jika lampu rem mobil bermasalah.--ToyotaAstraMotor

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Lampu rem mobil merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam memberikan informasi kepada pengendara lain yang berada dibelakang.

Tanda lampu rem belakang untuk memberitahukan kepada pengendara lain dibelakangnya bahwa kendaraan akan memperlambat dan juga berhenti yang disebabkan oleh sesuatu hal.

Maka dari itu sangat penting lampu rem mobil dapat berfungsi dengan normal, sebagai tanda kepada pengendara lain agar terhindar dari insiden kecelakaan.

Namun sayangnya, masih banyak pemilik kendaraan yang lalai dalam memperhatikan lampu kendaraan rem mobil.

Masih banyak ditemukan di jalanan terkait kondisi lampu rem mobil yang mati atau bahkan sudah diganti tetapi masih tetap saja tidak menyala atau mati.

Jika memang begitu, apa yang harus diperhatikan atau diperbaiki? yuk simak penyebab lampu rem mobil sering mati.

BACA JUGA:Ketahui Gejala Flat Spot pada Ban Mobil dan Ini Cara Antisipasinya

Melansir dari keterangan mekanik Aha Motor Yanto dari Kompas.com menjelaskan ada beberapa penyebab lampu rem mobil mati.

Umumnya terjadi karena bola lampu dalam kondisi putus, akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga disebabkan karena factor lainnya.

Salah satunya penyebab lain lampu rem mobil sering mati adalah karena masalah pada bagian kelistrikannya.

"Bila lampu rem sering mati, maka perlu diperiksa lebih teliti lagi apa yang menyebabkan lampu mati, bisa bola lampunya putus, bisa juga ada kendala pada rangkaian kelistrikannya," terang Yanto.

Tidak hanya itu saja, factor lain yang bisa menyebabkan bohlam lampu rem sering mati adalah karena kualitas lampu itu sendiri yang tidak bagus atau juga pemakaian yang berlebihan.

Seperti diketahui bahwa lampu rem akan menyala jika pedal rem disentuh atau diinjak, dan apabila mobil sering digunakan terlebih dalam kondisi yang macet terutama di perkotaan, tentu hal ini bisa menjadi pengaruhnya.

Jika lampu sering nyala mati, maka kerja lampu akan lebih berat dari biasanya, maka dari itu penggunaan dan kualitas bola lampu harus disesuaikan, tapi penyebab lampu rem sering mati tidak hanya soal bola lampu putus." ucap Yanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: