Program JKN Menjangkau Pelosok Melalui BPJS Keliling Menuju Optimalisasi

Program JKN Menjangkau Pelosok Melalui BPJS Keliling Menuju Optimalisasi

Logo BPJS Kesehatan.--Pinterest.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli kembali melakukan program BPJS Keliling ke wilayah pelosok untuk memberikan kemudahan aksesibilitas dan pendekatan layanan yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat. 

Pada kesempatan ini, BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli menyambangi masyarakat di kepulauan Tello, Kabupaten Nias Selatan.

BPJS Keliling memberikan akses yang lebih mudah dan terjangkau dalam memperoleh layanan administrasi kepesertaan seperti pendaftaran, perubahan data, pengecekan status aktif peserta, konsultasi dan informasi serta berbagai layanan yang terkait dengan kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Hadirnya BPJS Keliling disambut baik oleh masyarakat Pulau Tello. BPJS Keliling menjadi solusi bagi masyarakat untuk mengakses layanan BPJS Kesehatan dengan waktu yang cepat dan biaya yang murah, serta jarak tempuh yang mudah untuk dijangkau masyarakat sehingga tidak perlu menempuh waktu yang lama untuk mengunjungi kantor BPJS Kesehatan untuk urusan administrasi kepesertaan. 

BACA JUGA:

Seorang warga pensiunan PNS yang bertempat tinggal di Kelurahan Pasar Pulau Tello, John Rehavin (60) menyampaikan dukungan dan sangat bersyukur dengan adanya layanan BPJS Keliling. 

Ia mengakui bahwa hadirnya BPJS Keliling sangat memudahkan akses masyarakat untuk memperoleh layanan administrasi kepersertaan BPJS Kesehatan tanpa harus menempuh waktu yang lama untuk pergi ke Kantor BPJS Kesehatan.

"Saya sangat mendukung adanya BPJS Keliling karena di Kelurahan Pasar Pulau Tello ini daerahnya sangat terpencil sekali, akses dari Pulau-pulau Batu khususnya Pulau Tello Ke Nias Selatan itu bisa memakan waktu total 14 jam untuk perjalanan pulang pergi menggunakan kapal laut. Perjalanan untuk pergi ke Kantor BPJS Nias Selatan harus mengeluarkan akomodasi dengan biaya yang tinggi, maka dengan adanya BPJS Keliling ini sangat membantu,” ucap John kala itu pada 06 Juni 2024.

Sebelumnya, John juga sudah pernah menikmati manfaat menggunakan BPJS Kesehatan dalam layanan kesehatan sebanyak tiga kali yaitu layanan kesehatan berupa check up kesehatan kepala, pembuatan kacamata, dan rawat inap yang dimana saat mengakses layanan kesehatan itu John tidak mengeluarkan  biaya sama sekali.

“Saya sudah menikmati BPJS Kesehatan ini sebanyak tiga kali. Pertama untuk check up kepala, kedua untuk pembuatan kacamata, dan ketiga saat saya rawat inap di Rumah Sakit Yos Sudarso, Padang. Semuanya dijamin BPJS dan tidak ada satu sen pun biaya keluar,” ujar John.

BACA JUGA:

John berharap semoga BPJS Keliling tersebut dapat dilaksanakan sekali dalam setiap tiga bulannya sehingga masyarakat dapat lebih mengerti dan memahami apa saja manfaat yang dapat diperoleh dengan terdaftarnya sebagai anggota dari Program JKN.

“BPJS Keliling ini kalau bisa sekali tiga bulan datang kesini, jadi kami itu lebih mengerti, lebih memahami apa saja manfaat dari BPJS,” jelas John.

Pada kesempatan yang sama, John menyampaikan rasa syukur dan terima kasih yang begitu besar dengan adanya program BPJS Kesehatan yang sudah sangat banyak membantu ia untuk mengakses layanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: