Pegawai Puskesmas Akui Layanan Kesehatan Menggunakan JKN saat Ini Lebih Mudah!

Pegawai Puskesmas Akui Layanan Kesehatan Menggunakan JKN saat Ini Lebih Mudah!

Ilustrasi pelayanan fasilitas kesehatan bersama JKN.--instagram.com/infojkn_cimahi

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Hadirnya program JKN menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting dan wajib yang harus dimiliki oleh setiap penduduk agar dapat memperoleh akses pelayanan kesehatan ketika dibutuhkan. 

Hadirnya program JKN memberikan kepastian pembiayaan dalam pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan. Program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini pun kini terbukti telah dirasakan manfaatnya oleh sebagian besar masyarakat. 

Seorang peserta Program JKN asal Kebumen, Dimas Swasti Wisnu (33) mngatakan bahwa saat ini sebagai peserta JKN telah mudah untuk akses pelayanan kesehatan. 

“Saya terdaftar sebagai Peserta JKN sudah cukup lama. Alhamdulillah program ini sangat membantu saya sewaktu butuh pengobatan di fasilitas kesehatan,” ujar Dimas pada Selasa, 28 Mei 2024.

BACA JUGA:

Dimas yang saat ini bekerja sebagai petugas di Puskesmas Pejagoan mengungkapkan Program JKN menjadi andalan masyarakat untuk berobat. Hampir seluruh pasien yang berobat di tempat ia bekerja adalah peserta JKN. Menurutnya, masyarakat kini sudah mulai yakin dan percaya bahwa berobat menggunakan JKN semakin baik.

Menurut pria yang memiliki hobi menyanyi ini, banyak terobosan yang telah dilakukan BPJS Kesehatan selama ini untuk memudahkan peserta JKN mengakses pelayanan kesehatan. 

Salah satunya adalah penggunaan KTP untuk berobat. Dengan kebijakan tersebut, masyarakat tidak perlu lagi khawatir jika kartu JKN miliknya hilang atau tertinggal dirumah.

“Kebijakan yang sangat fleksibel, karena setiap orang kemana-mana bawa KTP, bahkan saya hafal NIK milik saya. Jadi kalau saya berobat kadang cukup sebut NIK saya saja tanpa menunjukan identitas apapun, jadi sangat mudah,” jelasnya.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga menghadirkan Aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh di gawai masing-masing peserta JKN. Melalui aplikasi ini, peserta dapat mengakses berbagai fitur diantaranya antrean online, konsultasi dokter, hingga perubahan data peserta.

BACA JUGA:

Bukan hanya itu, peserta juga dapat melakukan skrining riwayat kesehatan setiap tahunnya. Melalui fitur ini, peserta JKN juga bisa mengetahui seberapa tinggi risiko mengidap penyakit-penyakit kronis.

Terakhir Dimas berharap agar kemudahan yang dihadirkan BPJS Kesehatan dapat disosialisasikan secara masif kepada masyarakat. Ia juga mengatakan bahwa akan lebih banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaat dan kemudahan dari terobosan tersebut.

"Masih ada masyarakat yang belum terpapar terkait Aplikasi Mobile JKN atau penggunaan KTP untuk berobat, padahal ini sangat penting dan memudahkan masyarakat. Mudah-mudahan ke depan semakin banyak yang mengetahuinya," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: