Manfaat Hadiah Al-Fatihah untuk Orang yang Sudah Meninggal

Manfaat Hadiah Al-Fatihah untuk Orang yang Sudah Meninggal

Hadiah Al-Fatihah untuk Orang yang Sudah Meninggal--Foto: pexels.com

Hadis dari Anas bin Malik RA menguatkan hal ini dengan menyatakan bahwa:

“Amal perbuatan baik atau buruk orang yang masih hidup dapat dipersembahkan kepada keluarga yang sudah meninggal, yang kemudian akan merasa senang atau sedih berdasarkan amal tersebut”.

BACA JUGA:

Dalam praktik sehari-hari, membaca Al-Qur’an dan menghadiahkan pahalanya kepada orang yang sudah meninggal adalah tindakan yang sangat dianjurkan.

Tidak hanya sebagai bentuk ibadah yang mendatangkan pahala, tetapi juga sebagai cara untuk menjaga hubungan dan memberikan penghormatan kepada mereka yang telah mendahului kita.

Ini mencerminkan keyakinan bahwa kematian bukanlah akhir dari segalanya, tetapi kelanjutan dari hubungan spiritual dan amal baik yang bisa terus berlanjut bahkan setelah seseorang meninggal dunia.

Menghadiahkan pahala dari bacaan Al-Qur'an dan sedekah kepada orang yang sudah meninggal adalah tradisi yang didasarkan pada dalil-dalil kuat dari para ulama, meskipun masih ada perbedaan pendapat di kalangan ahli fiqh.

Melalui amalan ini, hubungan dengan orang yang telah meninggal dapat tetap terjaga dan terus memberikan manfaat kepada mereka.

Keyakinan ini mencerminkan bahwa amal baik tidak hanya memberikan pahala bagi pelakunya, tetapi juga dapat menjadi sumber kebahagiaan dan kedamaian bagi mereka yang sudah tidak lagi bersama kita di dunia ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: