Tips Penggunaan Skincare untuk Perawatan Kulit Wajah di Malam Hari Agar Tampak Sehat dan Awet Muda

Tips Penggunaan Skincare untuk Perawatan Kulit Wajah di Malam Hari Agar Tampak Sehat dan Awet Muda

Ilustrasi penggunaan skincare di malam hari.--Unsplash.com/Kaeme

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Perawatan kulit yang tepat merupakan langkah penting dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit kita. Salah satu rutinitas perawatan yang harus dilakukan adalah menggunakan skincare malam sebelum tidur.

Skincare malam dapat memberikan manfaat yang baik bagi kulit kita, seperti memperbaiki kerusakan kulit, menghidrasi kulit, dan mencerahkan warna kulit. Berikut adalah urutan Skincare malam yang tepat untuk merawat kulit Anda:

1.  Bersihkan Wajah

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan wajah dengan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Bersihkan wajah secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran dan sisa makeup yang menempel pada kulit. Kamu bisa memilih pembersih wajah yang bahan dasarnya air atau minyak, tergantung dengan preferensi dan juga tipe kulit yang kamu memiliki.

BACA JUGA:

Seharusnya, cleanser  yang baik bisa menghilangkan kotoran, minyak, sisa makeup, dan polusi yang menempel pada kulit sepanjang hari. Untuk penggunaanya, pastikan kamu menyentuh semua bagian wajah secara menyeluruh dengan cleanser. Hindari menggosok terlalu keras agar kulit tidak iritasi.

2.  Toner

Setelah membersihkan wajah, lanjutkan dengan menggunakan toner. Toner secara efektif membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih tersisa setelah pembersihan wajah. Toner juga dapat membantu mengencangkan pori-pori dan menyeimbangkan pH kulit. Bagi sebagian orang, toner sering disebut sebagai tahap perawatan yang tidak terlalu perlu.

Namun, sebaiknya kamu tidak melewatkan penggunaan toner di malam hari karena bisa membantu mengkalibrasikan kulit agar tetap lembap selama tidur. Ketika memilih toner, pastikan kamu memilih produk yang bebas alkohol dan mengandung bahan alami yang berkhasiat bagi kulit. Perlu kamu ingat bahwa penggunaannya juga tidak perlu terlalu banyak, jadi kamu sebaiknya menggunakan kapas untuk mengaplikasikannya secara merata ke wajah dan leher.

3.  Serum atau Essence

Langkah selanjutnya adalah menggunakan serum atau essence. Serum atau essence adalah produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif yang optimal dalam memberikan manfaat pada kulit, seperti mengurangi tanda penuaan, mencerahkan warna kulit, atau menghidrasi kulit.

Pilih serum atau essence yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Jenis serum cukup beragam dan kamu perlu memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu memiliki jerawat yang sedang aktif, kamu juga bisa menggunakan obat jerawat setelah memakai toner. 

4.  Eye Cream

Setelah menggunakan serum atau essence, gunakan eye cream khusus untuk area kulit di sekitar mata. Area ini cenderung lebih tipis dan rentan terhadap kerutan dan garis halus. Eye cream dapat membantu mengatasi masalah tersebut dan menjaga kesehatan kulit di area mata. Produk untuk mata memang harus berbeda daripada krim lainnya karena daerah di sekitar mata sangat sensitif dan rentan iritasi, jadi harus menggunakan produk yang formulasinya lebih lembut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: