Muslim Wajib Tahu! Manfaat dan Perbedaan Haji dan Umroh, Mulai dari Rukun Ibadah hingga Waktu Pelaksanaan

Muslim Wajib Tahu! Manfaat dan Perbedaan Haji dan Umroh, Mulai dari Rukun Ibadah hingga Waktu Pelaksanaan

Haji dan Umroh: Mengenal Perbedaan dan Kesamaan Dua Ibadah Penting dalam Islam--Foto: ideogram.ai

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Haji dan umroh adalah dua jenis ibadah yang sering dilakukan umat Islam di Mekah, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Mari kita kupas satu per satu perbedaan, kesamaan, serta manfaat yang bisa diperoleh dari kedua ibadah ini.

1. Rukun Ibadah

Haji dan umroh memiliki perbedaan dalam rukun atau tahapan ibadah yang harus dilakukan:

  • Haji: Rukun haji meliputi niat ihram, wukuf di Arafah, tawaf, sa’i (berjalan di antara Safa dan Marwah), dan mencukur rambut. Wukuf di Arafah adalah komponen yang sangat penting dan hanya dilakukan dalam ibadah haji.
  • Umroh: Ibadah umroh lebih sederhana, hanya melibatkan niat ihram, tawaf, sa’i, dan mencukur rambut. Tidak ada wukuf di Arafah dalam umroh.

BACA JUGA:

2. Waktu Pelaksanaan

  • Haji: Waktu pelaksanaan haji sangat spesifik, hanya dapat dilakukan pada bulan Dzulhijjah, terutama antara tanggal 8-12 Dzulhijjah.
  • Umroh: Umroh lebih fleksibel dan bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun, tidak terikat waktu tertentu.

3. Makna

  • Haji: Haji berarti mengunjungi atau berziarah ke tempat yang agung dengan niat khusus untuk melaksanakan rangkaian ibadah tertentu.
  • Umroh: Umroh berarti berziarah ke Baitullah (Ka'bah) untuk melaksanakan ritual tawaf, sa’i, dan mencukur rambut.

4. Status Hukum

  • Haji: Ibadah haji adalah wajib bagi setiap muslim yang mampu secara fisik, finansial, dan mental. Ini disebut "rukun Islam" kelima.
  • Umroh: Umroh tidak wajib, tapi sangat dianjurkan dan bisa dilakukan kapan saja. Meski begitu, umroh tetap memerlukan niat dan persiapan khusus.

BACA JUGA:

5. Biaya

Biaya untuk haji biasanya lebih tinggi dibandingkan umroh. Ini karena haji melibatkan lebih banyak rangkaian kegiatan dan fasilitas selama periode yang lebih panjang.

6. Kesunnahan dan Kesamaan

Haji dan umroh memiliki beberapa kesamaan dalam aspek syarat wajib, sah, kesunnahan, larangan, dan hal-hal yang membatalkan ibadah:

  • Syarat wajib seperti harus beragama Islam, baligh (dewasa), berakal sehat, merdeka, dan mampu secara fisik dan finansial.
  • Kesunnahan dalam ibadah ini seperti melakukan beberapa amalan yang dianjurkan, yang bisa menambah pahala namun tidak wajib.

7. Larangan dalam Haji dan Umroh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: