Apa Itu Indosarang? Forum Viral Korea di Media Sosial yang Berisikan Hinaan Fisik Serta Agama di Indonesia

Apa Itu Indosarang? Forum Viral Korea di Media Sosial yang Berisikan Hinaan Fisik Serta Agama di Indonesia

Komentar viral forum Indosarang terkait rasisme orang Indonesia di media sosial.--instagram.com/berbagai sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Baru-baru ini viral soal forum Indosarang di media sosial yang menjadi perbincangan hangat warganet. Forum yang awalnya dibuat untuk komunitas orang Korea yang tinggal di Indonesia ini, kini viral karena dianggap rasis dan menghina masyarakat Indonesia. 

Kasus ini pertama kali mencuat di media sosial TikTok dan X (Twitter) pada awal Juni 2024. Seorang pengguna TikTok dengan nama akun @5.7ftall membagikan tangkapan layar beberapa komentar di forum Indosarang yang merendahkan orang Indonesia. 

Komentar-komentar tersebut awalnya ditulis dalam bahasa Korea dan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Sementara di Twitter (X), forum Indosarang menjadi perbincangan publik setelah komentar-komentar rasis orang Korea tersebut diunggah di akun menfess @tanyakanrl pada 7 Juni 2024. 

Dalam unggahan yang beredar tampak mereka melontarkan kata-kata kasar dan merendahkan warga Indonesia.

BACA JUGA:

"Kulitnya item, paling jelek di asia tenggara dan punya obsesi. Ky gini case by case sih tapi orang Islam kayak k**t** mau gimana lagi? Paling berbanding terbalik sama culture Korea," lanjutnya.

"Namanya Islam bodoh. Kkk," sambungnya.

"Di sini ada kali setruck org tol*l yg ngeliat kera item dan masuk ke agamanya," ujarnya.

"Hijab yang perawan dan kemauannya banyak, bener kan?? Cowo2 korea id**t," sambung forum 'Indosarang'.

"Kecuali tenaga kerja, pribumi yang murah dan tidak beradab semuanya menyebalkan?" tulis komentar lainnya.

Indosarang merupakan suatu forum di internet yang dipergunakan orang-orang Korea Selatan di Indonesia untuk saling bertukar informasi, maupun hanya sekedar mengobrol.

Forum ini mendadak menjadi viral di X usai komentar-komentar rasis penggunanya kepada orang Indonesia diunggah ke laman media sosial tersebut. Sebagian warganet menganggap perbincangan mereka sudah rasis dan tidak layak. 

BACA JUGA:

Terlebih mereka bukan bekerja dan tinggal di Indonesia. Diketahui forum daring indosarang itu bisa diakses secara bebas dan berisi banyak tulisan dalam bahasa Korea mengenai banyak hal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: